Pentingnya Peringatan Sumpah Pemuda Bagi Pelajar

2334 views

DiviaNews, Palembang — Peringatan Sumpah Pemuda itu perlu dan penting bagi kalangan pelajar, sebab dari situ para pelajar akan mengetahui secara utuh dan dalam,  mengenai sejarah persiapan serta lahirnya ‘Sumpah Pemuda’ tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan, Drs Widodo Mpd, sabtu (28/10/2017) mengatakan, ini merupakan hal yang harus diketahui oleh kalangan pelajar, bahwa peringatan hari sumpah pemuda itu penting untuk diketahui sebagai generasi penerus bangsa terutama untuk meraih prestasi membanggakan.

Menurutnya sumpah pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Bangsa Indonesia, ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia yang lahir dari keputusan Kongres Pemuda kedua yang diselenggarakan dua hari 27-28 oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

“ Kita tahu bahwa dalam keputusan saat itu menegaskan cita-cita akan ada Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia dan Bahasa Indonesia.” Katanya

Saat ini yang perlu dipahami bahwa peristiwa sejarah Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Lalu selanjutnya Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928  yang merupakan hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia kala itu, yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Ada nilai-nilai dari lahirnya sumpah pemuda yang sangat penting dan tetap perlu dijaga hingga saat ini sebagai alat memperkuat persatuan Indonesia yaitu menghargai sejarah, bahasa, patuh pada hukum Negara maupun hukum adat, meningkatkan mutu pendidikan, dan ada kemauan untuk meningkakan kemampuan.

“ Oleh karennya sumpah pemuda harus dipahami oleh segenap bangsa Indonesia, terutama untuk pemuda dan pemudi yang menjadi masa depan bangsa,” Pungkas Widodo (

Posting Terkait

Tinggalkan pesan