Bulog Memastikan Stok Beras Aman Hingga 7 Bulan Kedepan

69 views

Kepala Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Yusuf Salahuddin (kanan), Foto Adi | Divianews.com

Divianews.com | Palembang — Bulog gelontorkan beras sebanyak 20 ton beras medium Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Bulog untuk

memastikan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) Beras Medium Tahun 2019 berjalan aman. Sebanyak 20 ton beras  tersebut disebar ke empat pasar tradisional di Palembang,  masing-masing Pasar Plaju, Pasar 10 Ulu, Pasar Soak Bato dan Pasar 26.

 

Kepala Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Yusuf Salahuddin, mengungkapkan, selain beras, Bulog juga menyalurkan jenis sembako lain seperti gula, minyak goreng dan tepung terigu. Hal itu diharapkan mampu menekan harga agar tidak terjadi lonjakan.

 

Disinggung mengenai kondisi harga, Yusuf mengatakan, kondisi harga beras saat ini relatif cenderung stabil. Pendistribusian beras medium CPP dimaksudkan untuk mengantisipasi munculnya isu negatif terkait ketersediaan dan harga beras yang dapat menimbulkan kepanikan masyarakat.

 

“Ini merupakan kesiapan kami  kepada masyarakat agar tidak khawatir dan takut akan adanya isu kenaikan harga atau beras langka. Ini juga upaya untuk mengendalikan tingkat inflasi yang telah terjaga dengan baik dan dalam hal ini kami di-support penuh oleh TPID,” ujar Yusuf, jum’at (04/01/2018)..

 

Beras medium CPP Bulog untuk kemasan 10 kg dijual dengan harga Rp.8900 per kg, sementara untuk kemasan 5 kg dijual dengan harga Rp.9000. Harga ini lebih rendah dibandingkan Harga Eceran tertinggi (HET) beras medium untuk wilayah Sumatera Selatan yang telah ditetapkan Pemerintah sebesar Rp.9.400.

 

“Beras medium Bulog juga kami distribusikan ke tiga pasar pencatatan BPS masing-masing di Pasar KM 5, Pasar Cinde dan Pasar 16 Ilir. Disana ada outlet-outlet kami yang siap menjual beras ini kepada masyarakat,” jelas Yusuf.

 

Menurut Yusuf, pendistribusian beras medium kepasar akan dilakukan terus setiap hari sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar. Masyarakat pun dihimbau untuk tidak khawatir dengan ketersediaan dan harga beras karena cadangan beras Bulog dipastikan aman dengan ketahanan hingga 7,6 bulan kedepan. (dva)

 

Posting Terkait