Minggu Puncak Arus Balik Libur Natal dan Tahun Baru

58 views

Ilustrasi kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek.

Divianews,com | Jakarta — Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri memprediksi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru ke Jakarta terjadi hari ini.

Menurutnya, volume kendaraan menuju Jakarta yang masuk di Gerbang Tol Cikarang Utama akan terus mengalami peningkatan mulai Sabtu (5/1) malam hingga hari ini.

“Jumlah kendaraan yang melintas dari arah Cikampek ke Jakarta di Gerbang Tol Cikarang Utama pada Sabtu dari pukul 06.00 sampai 16.00 WIB sebanyak 30 ribu kendaraan,” kata Refdi, Seperti di Kutif dari CNNIndonesia.com, Sabtu (5/1) petang.

“[Minggu] besok pagi pukul 06.00 WIB diperkirakan mencapai 80 ribu kendaraan,” sambungnya.

Dia pun menerangkan, kondisi arus lalu lintas di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terpantau lancar di kedua ruasnya, baik yang menuju Palimanan maupun arah Jakarta.

Dengan kondisi tersebuti, menurutnya, pengendara diperkirakan dapat memacu kendaraannya dengan kecepatan sekitar 80 hingga 90 kilometer per jam.

“Arus kendaraan yang lancar membuat sebagian pengemudi memacu kendaraan lebih kencang,” kata jenderal bintang dua itu.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mencatat sebanyak 59 ribu kendaraan belum kembali ke Jakarta usai libur Natal 2018. Mereka disebut akan kembali usai Tahun Baru.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyebutkan sebanyak 420.251 kendaraan keluar dari Jakarta melalui tol Cikampek pada musim libur natal. Sementara, yang sudah kembali ke Jakarta sekitar 361 ribu.

Sementara itu, pada dini hari tadi, kepadatan ruas tol Jakarta-Cikampek terpantau dari kilometer 24-kilometer 10 arah menuju Jakarta.

“Kepadatan terjadi akibat penyempitan jalan serta telah beroperasinya kendaraan angkutan golongan III, IV dan V bercampur dengan (kendaraan pribadi) arus balik,” kata Refdi Sabtu (5/1) malam seperti dikutip dari Antara.

Terkait kepadatan ini, Refdi mengatakan rekayasa lalu lintas telah diberlakukan sejak pukul 18:30 WIB dengan mengalihkan arus melalui jalur Cikarang Barat untuk mengurai kepadatan di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Akibat kepadatan arus balik ini, kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas terpantau kurang lebih sekitar 30 Km per jam.

Kakorlantas mengatakan untuk jumlah personel lalu lintas tetap disiagakan sebanyak 100 personel di lokasi tersebut walaupun Operasi Lilin 2018 telah berakhir pada 1 Januari 2019. (red)

Posting Terkait