Bios Meningkatkan Kesuburan Tanah, Untuk Hasil Pertanian Maksimal

125 views

Komandan Puslatpur Kodiklat Martapura Kol Inf Kunto Arief Wibowo Saat Memantau Lahan

Divianews.com | Palembang — Bios digunakan untuk pemulihan lahan yang tidak subur lagi akibat disebabkan pupuk yang mengandung zat kimia, saat ini Bios digunakan dilahan Puslatpur Kodiklat dengan luasan mencapai 10 hektar di Martapura Kabupaten Ogan Komering Timur (OKUT) Sumatera Sealatan.

Komandan Puslatpur Kodiklat Martapura Kol Inf Kunto Arief Wibowo menyampaikan pihaknya mencoba memaksimalkan Bios untuk kesuburan tanah yang telah tercemar zat kimia yang berdampak terhadap menurunnya kesuburan tanah untuk tanaman.
Menurutnya, selama ini para petani ubi menggunakan pupuk kimia untuk meningkatkan hasil pertanian, namun belakangan kesuburan menurun dan membutuhkan biaya pupuk cukup tinggi untuk memaksimalkan kembali hasil.
“Alhamdulillah dengan mengoptimalkan Bios, tanah kembali menjadi subur dengan biaya yang relatif murah,” Ujarnya, senin (07/01/2019)
Lebih lanjut ia memastikan sepenuhnya akan menggunakan Bios untuk proses kesuburan tanah dilahan Puslatpur, sehingga harapan pada akhir adalah menekan biaya pupuk untuk hasil yang optimal.
Dijelaskannya, sebelumnya pihaknya memanfaatkan pupuk kimia dengan jumlah cukup banyak untuk beberapa kali proses tanam, tapi saat ini semua akan menggunakan Bios untuk setiap masa tanam hingga panen.
” Bios ternyata cukup efektif tekan biaya pupuk, selain itu hasilnya jauh lebih baik ,” tegas Kunto.
Sementara itu Kunto menambahkan Bios terus dikembangkan bukan hanya untuk kebutuhan intern Puslatpur saja, akan tetapi untuk masayarakat sekitar dan juga didaerah lainnya di Indonesia. (adi)

Posting Terkait