Tingkatkan Kesiapan, Pertamina Gelar Simulasi K3

44 views
Divianews.com | Palembang — Pertamina RU III  mendadak terbakar dan dikepung api, namun ini hanya simulasi kesiapan penanganan kebakaran yang dilakukan oleh Pertamina sebagai visi menjadi Perusahaan Energi Berkelas Dunia, Pertamina terus memastikan aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) sebagai salah satu pilar utamanya.
Kegiatan yang mengusung semangat Pertamina One, Refinery Unit III Plaju dan HSE Training Center Sungai Gerong bersinergi memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 2019 mengusung tema Wujudkan HSSE Beyond Culture for Business Sustainability.
General Manager RU III Plaju, Yosua I. M. Nababan, menyampaikan, HSSE adalah budaya, kebiasaan, dan nilai-nilai yang harus menjadi dasar dalam setiap kegiatan insan Pertamina dari hulu ke hilir. Setiap tahun Pertamina pasti memperingati Bulan K3 dengan melakukan penyegaran kembali tentang aspek HSSE dengan cara-cara yang beragam dan menarik agar Zero Fatality dapat tercapai.
Dijelaskan Josua, Pada kesempatan ini, Pertamina juga mengenalkan sekaligus menguji produk Research and Technology Center (RTC) Pertamina, Pertasurf 31.
“Pertasurf 31 merupakan hasil riset terkini dari RTC yang berfungsi untuk memadamkan api yang dipicu oleh cairan mudah terbakar, seperti minyak mentah dan produk bahan bakar minyak. Sebelumnya sudah sempet uji coba juga di HSE TC, dan hasilnya memuaskan,” Jelas General Manager RU III Plaju, Yosua I. M. Nababan.
Sementara itu, dapat dijelaskan Pertasurf 31 sendiri adalah fire fighting foam yang terbuat dari bahan aman dan ramah lingkungan serta memiliki tiga (3) fungsi utama, yakni Aqueoe Film Forming Foam (AFFF) atau fire fighting foam, Oil Spill Dispersant (OSD), dan Degreaser atau biasa digunakan untuk membersihkan tanki. (adi)

Posting Terkait