Spiderman Kembali Beraksi di Gedung RS.Siloam Palembang

154 views

Divianews.com | Palembang -Terlihat dari kejauan para pemanjat gedung RS.Siloam Palembang dengan layaknya seperti Spiderman merayap di gedung dengan menggunakan seutas tali.

Dijelaskan oleh Andin penangung jawab dari cv.grafika semesta, Mengatakan kegiatan ini dilakukam oleh orang-orang yang sudah yang profesional dan juga sudah bersertifikat

“Pembersihan yang dilakukan ini menggunakan metode rope access (akses tali), yaitu sebuah metode/sistem bekerja di ketinggian dengan menggunakan tali sebagai alat bantu utamanya,” paparnya.Selasa (5/3/2018).

Andin juga menjelaskan sistem tersebut sudah berlaku secara internasional, dan dalam skala nasional sudah menjadi standard dengan ditetapkannya Permenaker No 9 Tahun 2016 Tentang K3 Pekerjaan Pada Ketinggian. Dimana dalam hal pengawas ketenagakerjaan menemukan pelanggaran terhadap syarat-syarat K3 yang diatur dalam Peraturan Menteri ini, Pengawas Ketenagakerjaan dapat menghentikan sementara kegiatan sampai dipenuhinya syarat-syarat K3 oleh pengusaha dan/atau pengurus.

Artinya, dengan peraturan ini, kata Andin, setiap orang yang siap terjun bekerja diketinggian wajib sudah memiliki sertifikasi ketinggian dengan Sistem Akses Tali (Rope Access) untuk meminimalisasi kecelakaan pekerja, sehingga mereka aman, terutama digunakan oleh pekerja yang menjangkau tempat-tempat sulit diketinggian, dimana harus didukung oleh tali dan peralatan terkait lainnya tentunya, sama seperti para climber (kalau yang pernah ikut climbing/panjat tebing) biasanya mereka menggunakan tali dan belajar basic dalam menggunakannya.

Dijelaskan juga, teknik pembersihan pada gedung RS.Siloam Palembang ini walau menggunakan sistem akses tali pada bagian tubuh yang dijadikan safety dan fleksibel tidak mengganggu usaha gedung tersebut, seperti pada umumnya ada yang menggunakan metode gondola yang bisa mengganggu penglihatan pada gedung, orang akan berpikir bahwa gedung ini tutup dan sedang renovasi. Dengan metode Rope Acces gedung tetap terlihat nyaman tidak mengganggu jalannya usaha. Ia juga menegaskan hal ini tentu harus dilakukan oleh para ahli yang sudah bersertifikat sendiri yang terdiri dari tiga Level, Level 1,2 dan 3. untuk yang New bisa di mulai dari Level 1, jadi tidak bisa loncat Level, dan untuk materi dan praktek di setiap Level berbeda.

“Team yang diturun di RS.Siloam Palembang ini semua sudah terdaftar dan memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh IRATA (Industrial Rope Access Trade Association). Jadi keahlian mereka sudah tidak diragukan lagi, mana lagi sebelumnya juga saat jelang Asian Games dari mereka juga yang mengerjakan pengecatan jembatan ampera.”ungkapnya.

Soal chemical bahan kimia yang akan dipakai untuk proses pembersihan juga harus terjamin dan sudah memiliki MSDS (Material Safety Data Sheet). Sebab, dari pengalaman selama ini, bahan kimia pembersih itu akan menjadi pembeda kualitas pekerjaan.

“Dan, itu butuh eksperimen dan evaluasi sehingga hasil akhir kita bisa menemukan bahan kimia yang cocok dipakai dalam bekerja,” kata Andin. (adi)

 

Posting Terkait