BNPB Imbau Masyarakat Waspadai Banjir dan Longsor

18 views

Jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono pada KM 603-604 yang terendam banjir

Divianews.com | Jakarta — Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi banjirlongsor dan puting beliung.

“Aktivitas Madden Julian Oscillation di Samudera Hindia telah menyebabkan curah hujan tinggi di kawasan Indonesia,” kata Sutopo seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (7/3).

Madden Julian Oscillation adalah fenomena gelombang atmosfer yang bergerak merambat dari Samudera Hindia di sebelah Barat ke arah Timur dengan membawa massa udara basah.

Aliran massa udara basah tersebut meningkatkan peluang curah hujan di wilayah yang dilalui. Fenomena tersebut dapat bertahan hingga satu pekan.

“Selain itu, juga ada sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Sumater yang membentuk daerah pertemuan angin cukup konsisten di wilayah Sumatera, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Jawa menyebabkan curah hujan meningkat,” jelasnya.

Sutopo mengatakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan fenomena tersebut dan prakiraan hujan berpotensi tinggi untuk daerah-daerah di Indonesia kepada masyarakat luas.

Peluang curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

“Wilayah yang mungkin mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi adalah Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Papua Barat,” katanya.

Sumber Antara dan CNN

Posting Terkait