HD Minta Warga Pesisir Komering Manfaatkan Sungai untuk Budidaya Ikan Air Tawar

41 views
Divianews.com | OKU Timur – Gubernur Sumsel H Herman Deru menginginkan masyarakat OKU Timur mempunyai penghasilan alternatif selain pertanian dan perkebunan.  Salah satunya dengan memanfaatkan potensi air sungai komering.
Hal tersebut diungkapkannya ketika bersilaturahmi dengan masyarakat di Desa Campang Tiga Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur, Kamis (7/3).
“Saya ingin masyarakat ini punya penghasilan tambahan, salah satunya itu kita harus berdayakan kolam air tawar di pesisir komering ini untuk budidaya ikan,” kata Gubernur Herman Deru.
Oleh karena itu, dia meminta kepada Camat, Kades untuk segera melakukan pemetaan yang jelas. Lokasi mana saja yang dapat dijadikan lokasi budidaya ikan air tawar.
“Pak camat, pak kades, sepulang saya dari sini saya ingin ada pemetaan yang jelas di pesisir komering. Kita buat kolam,”katanya.
Herman Deru meminta warga tidak perlu khawatir karena pemerintah akan memberikan bantuan benih ikan. Warga hanyalah diminta menyiapkan kolam saja.
“Alat saya bantu, bibit saya bantu masyarakat siapkan saja tanah (lahan). Kelebihan kita tempat pembangunan kolam ini lebih tinggi dari permukaan air. Jadi tinggal kemauan saja, Nak buat kolam sepanjang komering ini lajulah karena ini untuk penghasilan alternatif,”ucapnya.
Disamping itu juga, Gubernur Sumsel Herman Deru meminta masyarakat OKU Timur untuk menjaga kualitas karet.
“Saran saya karet ini harus di jaga kualitasnya hingga bersih,”sambungnya.
Tak hanya itu, dia menegaskan pemprov juga telah menggelontarkan anggaran sebesar  Rp 180 Miliar untuk Kabupaten OKU Timur untuk pembangunan sarana jalan dan perbaikan jembatan.
“Biaya untuk jalan di OKU Timur sebesar 180 Miliar dan jalan ini lagi proses lelang . Masyarakat disini diharapkan bersabar,”harapnya.
Sementara itu, Wakil Bupati OKU Timur Feri Antoni mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel Herman Deru beserta jajarannya yang telah berkenan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten OKU Timur.
 “Kami masyarakat OKU Timur merasa bangga bisa dapat bertatap muka secara langsung dengan pak gubernur,” katanya.
Dijelaskannya, secara umum penyelenggaraan Pemkab OKU Timur mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga tingkat Desa berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini, lanjutnya tidak terlepas dari kondusifnya situasi dan kondisi keamanan yang tercipta atas kerjasama yang baik antara seluruh jajaran aparatur Pemda, Muspida, jajaran TNI/Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dalam menjaga dan memelihara perdamaian yang tercipta selama ini.
Rangkaian kanker Gubernur sehari penuh kemarin. dimulai dari  desa Bumi Agung Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten OKI. KemudianDesa Pulau Gemantung Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten OKI.
Dilanjutkan lagi ke Desa Campang Tiga Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur dan ke Desa Sukanegeri Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur.
Gubernur Sumsel Herman Deru didampingi Duta Literasi Provinsi Sumsel Percha Leanpuri mampir sejenak untuk menunaikan sholat isya berjamaah dengan masyarakat di Masjid Al Furqon, Desa Ulak Baru Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur. (dva)

Posting Terkait