Untuk Keselamatan Berkendara, Ini Pesan Joko Widodo

45 views

Presiden RI Joko Widodo, Foto: Adi | Divianews.com

Divianews.com | Palembang — Hadiri acara Millenial Road Safety Festival di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (9/3/2019). Presiden Joko Widodo langsung disambut ooleh ratusan ribu masyarakat yang telah memadati pelataran Benteng Kuto Besak .

Tampil dimuka kaum millennial, Jokowi memberikan pengarahan yang isinya mengedukasi kaum millenial untuk menjadi pelopor bijak berkendara. Dan memberikan beberap tips berkendara yang aman dan terhindar dari kecelakaan.

 

“Seperti diketahui saat ini sangat banyak terjadi kecelakaan di rentang umur 15-34 tahun. Pada usia tersebut adalah pemuda yang masuk kedalam kategori Millenial atau usia produktif,” ucap Jokowi, sabtu (09/03/2019).

 

Didampingi oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, para menteri Kabinet Kerja, Jokowi ingatkan kaum millennial agar berkendara dengan aman, jangan lupa membawa SIM, STNK dan memperhatikan kendaraan sebelum pergi.

Acara tersebut semakin meriah karena diisi dan diramaikan penampilan artis diantaranya, Raffi Ahmad, Yuki Kato, dan Yura Yunita, band andra.

 

Sebagai catatan berdasarkan data WHO, angka kecelakaan merupakan salah satu yang menjadi penyebab terjadinya kematian. Saat ini proporsi kematian pada umur 15 tahun keatas semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya umur.

 

Persentase penyebab kematian kelompok Millenial di rentang umur 15-34 tahun berdasarkan jenis kelamin yang ada akibat kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian utama setelah TB.

 

Adapun Persentase kecelakaan lalu lintas pada laki-laki lebih tinggi (23,5 %) dibandingkan pada perempuan (12,4 %). Penyebab kematian utama pada laki–laki akibat kecelakaan lalu lintas saat ini meningkat. Angka kecelakaan terjadi pada umur muda atau produktif.

 

Kecelakaan lalu lintas ini bisa disebabkan oleh kondisi geografis, kondisi jalan, ketidakdisiplinan pengendara terhadap peraturan dan rambu-rambu jalan. (dva)

 

 

 

Posting Terkait