Pangdam Hadiri Rakor Pengendalian Karhutla Sumsel

58 views

Divianews.com | Palembang — Dalam rangka mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumsel, Pemprov bersama BNPB, TNI/Polri, BMKG, pemerintah daerah Kabupaten/Kota di Sumsel serta intansi terkait lainnya melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2019, Selasa (12/3/2019) bertempat di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov Sumsel.

Rakor yang digelar Pemprov. Sumsel tersebut dihadiri oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., bersama Kapolda Sumsel, Wakil Gubernur Sumsel, Kepala BNPB Sumsel, Danlanud, Danlanal Palembang Kajati Sumsel dan Unsur Ferkopimda Sumsel.

Tampak juga, Kepala BNPB RI, Letjen TNI Doni Manardo, Kepala BRG Pusat, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Deputi Klimateknologi BMKG,

Menurut Kepala BNPB RI, Letjen TNI Doni Monardo kebakaran hutan dan lahan selama ini terjadi karena sebagian besar akibatnya adalah ulah manusia.

“Apakah tiap tahun begini terus dan kita semua tahu penyebab karhutla adalah manusia. Saya datang ke berbagai daerah seluruhnya 99 persen perbuatan manusia. Dan memang terbukti itu sebagian besar,”ucapnya.

Untuk itu, BNPB RI telah membawa para pakar untuk mengatasi Karhutla di Sumsel dengan membentuk sebuah tim.

Tim ini akan bekerjasama dengan Pemerintah dan TNI/Polri serta membentuk sebuah unsur yang terdiri dari komponen masyarakat termasuk para pakar, akademisi, komunitas, budayawan serta para media, sehingga tim ini nantinya akan berada di tengah masyarakat.

“Kita berharap tim ini akan memberikan penyuluhan. Oleh karena itu tim gabungan ini yang akan membuatkan sebuah konsep. Dimana kita menyusun sebuah program agar pemberdayaan masyarakat menjadi prioritas. Kita sudah tau tadi begitu juga dari sebuah data dan dokumen penyebab kebakaran adalah manusia,”ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala BNPB RI, Letjen TNI Doni Monardo menyerahkan bantuan kepada Wagub Sumsel Mawardi Yahya diantaranya Mobil Komando, Pompa Jinjing, Pompa Jinjing Pakai POM, Masker Oksigen dan Masker Tahan Api. (dva)

Posting Terkait