Cegah Berita Hoaxs, Kominfo Sumsel Awasi Medsos

107 views

Plt Kadiskominfo Sumsel Jhon Kenedy

Divianews.com | Palembang — Antisiapsi penyebaran berita Hoaxs, Dinas Kominfo Sumatera Selatan secara rutin melakukan sosialisasi terhadap pengguna media sosial dan juga media online, agar informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan dan tidak menjadi fitnah

Plt Kepala Dinas Kominfo Sumsel Jhon Kenedy menyampaikan sebulan yang lalu pernah melakukan pelatihan terhadap pelaku media sosial yang bukan wartawan tapi sudah memiliki media sosial termasuk media-media online, mengenai cara penulisan yang baik.
“Kita bekerjasama dengan kawan-kawan dari media untuk melatih, termasuk kita juga sudah melakukan kerjasama dengan PWI untuk melatih kawan-kawan media sosial. Minimal bisa memahami tentang Bagaimana menulis yang baik,” Jelas Jhon, kamis (14/03/2019)
Harapannya kata Jhon,  informasi yang baik dan benar dan tidak bersifat fitnah, informasi itu sumbernya jelas bisa dipertanggungjawabkan bisa tercapai dari sosialisasi dan pelatihan.
“Nah itulah kira-kira yang kita harapkan kepada kawan-kawan yang sudah kita latih itu salah satunya kita melalui pelatihan, disamping itu kita juga himbau melalui media sosial agar memberikan informasi yang dapat dipercaya dan tidak metesahkan,” tambahnya.
Lebih lanjut untuk mengantisipasi berita Hoaxs, Kominfo Sumsel juga telah membangun web anti hoaxs yang disiapkan mulai dari saat Pilkada, agar tidak munculnya berita-berita hoaxs. Web tersebut juga berlanjut untuk  kegiatan Pemilu Legeslatif dan Pilpres 2019.
“Selain itu kita bersama sama dengan Kementerian kominfo sekarang mulai turun memantau peredaran berita yang menyudutkan dan merugikan pihak tertentu,” ucapnya
Kedepan Kominfo Sumsel akan terus mengingatkan kepada semua pihak agar bijak dalam bermain media sosial, ingat akan ada sangsi bagi yang menyebarkan berita bohong apalagi itu menyangkut nama baik seseorang. (adi)

Posting Terkait