Peduli Stunting, Persit Koorcab Rem 032 Melakukan Baksos

127 views

Ketua Persit Korem 032/Wbr Mia Kunto Memberikan Bantuan

Divianews.com | Sumbar  – Memperingati HUT-nya ke 73, Persit ke 73 Persit dan HUT Dharma Pertiwi ke 55,  Persit Koorcab Rem 032 melaksanakan Bakti Sosial di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan Kab. Pasaman tepatnya di Desa Muaro Sungai Lolo.

Dalam sambutannya Ketua Persit Korem 032/Wbr Mia Kunto menjelaskan Persit dalam kegiatan bhakti sosial ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial Persit kepada sesama sebagai bagian dari TNI.

Selain itu dietgaskan Mia, dalam bakso ini, Persit juga fokus terhadap Stunting anak, Stunting itu  adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya.

Menurutnya terkait Stunting mungkin saat masih banyak orang tua yang belum paham kalau anak pendek adalah salah satu tanda dari adanya masalah pertumbuhan si kecil. Apalagi, jika stunting dialami oleh anak yang masih di bawah usia 2 tahun. Hal ini harus segera ditangani dengan segera dan tepat. Pasalnya stunting adalah kejadian yang tak bisa dikembalikan seperti semula jika sudah terjadi.

Kondisi ini disebabkan oleh tidak tercukupinya asupan gizi anak, bahkan sejak ia masih di dalam kandungan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa 20% kejadian stunting sudah terjadi ketika bayi masih berada di dalam kandungan. Kondisi ini diakibatka oleh asupan ibu selama kehamilan kurang berkualitas, sehingga nutrisi yang diterima janin sedikit. Akhirnya, pertumbuhan di dalam kandungan mulai terhambat dan terus berlanjut setelah kelahiran.

Selain itu, stunting juga bisa terjadi akibat asupan gizi saat anak masih di bawah usia 2 tahun tidak tercukupi. Entah itu tidak diberikan ASI eksklusif ataupun MPASI (makanan pendamping ASI) yang diberikan kurang mengandung zat gizi yang berkualitas.

Banyak teori yang menyatakan bahwa kurangnya asupan makanan yang mengandung zink, zat besi, serta protein ketika anak masih berusia balita adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan kejadian ini.

“Oleh karenanya hari ini kami terjun langsung kelokasi dalam rangka itu juga, untuk memberikan bantuan kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian kami,” Jelas jelas Mia Kunto disela pemberian bantuan di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan Kab. Pasaman tepatnya di Desa Muaro Sungai Lolo, sabtu (15/03/2019).

Dijelaskan Mia lebih lanjut Bhakti sosial ini juga merupakan perwujudan salah satu program prioritas Persit Korcab Korem 032 yang tentunya bersentuhan dengan masyarakat di sejumlah titik di provinsi Sumatera Barat, salahsatunya di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan Kab. Pasaman tepatnya di Desa Muaro Sungai Lolo.

“Selain ikut pedui, kami juga ingin memberikan partisipasi kepada masyarakat secara langsung dengan berbagai bentuk salah satunya adalah bakti sosisla,” tutup Mia. (adi)

 

Posting Terkait