Kepala Perwakilan Kantor BI Sumsel, Yunita Resmi Sari dan Staf BI (kanan) Bersama Asisten I Pemprov Sumsel, Ahmad Najib pada peresmian Rumah Kopi Sumsel di kawasan Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Senin (18/03/2019).

Divianews.com | Palembang — Untuk memfasilitasi pemasaran kopi asal Sumatera Selatan sebagai produk lokal menjadi tuan dirumah sendiri, Bank Indonesia (BI) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel membuka dan meresmikan Rumah Kopi Sumsel yang berlokasi di kawasan Plaza Benteng Kuto Besak Palembang.

Kepala Perwakilan Kantor BI Sumsel, Yunita Resmi Sari mengatakan kehadiran dan peresmian kafe ini untuk memfasilitasi pemasaran kopi lokal yang selama ini dinilai masih belum optimal, bahkan cenderung banyak yang tidak mengenal varian kopi yang merupakan asli hasil dari Sumsel.

 

“Bisa dipastikan, Sumsel ini termasuk  salahsatu Provinsi yang memiliki lahan kopi terbesar tapi masih kalah terkenal dengan  kopi hasil produksi Lampung, hal itu karena kita kurang promosi, kalau kita melihat perbandingan luas lahan Lampung yang hanya separuh dari luas lahan kopi di Sumsel, namun produksi kopi Lampung nilainya sama dengan produksi Sumsel,” ungkapnya

 

Selain itu menurut Yunita,  jika dilihat dari nilai ekspor kopi Sumsel, hingga saat ini volumenya juga masih relatif kecil yaitu hanya sekitar 0,4 persen dari total ekspor kopi Nasional, Dan angka tersebut lebih kecil dibanding dengan nilai ekspor provinsi tetangga Sumsel, Lampung, yakni mencapi angka 30 persen.

 

“Sebenarnya Sumsel memiliki potensi besar  untuk bersaing dengan daerah lain, oleh karennya kita mencoba untuk mengambil inisiatif bersama Pemprov Sumsel untuk menjadikan Rumah Kopi Sumsel,sebagai tempat untuk memperkenalkan kopi asal Sumsel sekaligus tempat bersantai bagi para pencinta Kopi,” jelasnya

 

Lebih lanjut Yunita menyamaikan, Rumah Kopi Sumsel yang diresmikan ini akan menjadi tuan rumah kopi bagi produksi petani rakyat dari seluruh kabupaten penghasil kopi di Sumsel.

 

Saat ini ada lima kabupaten yang telah memasarkan kopinya di rumah Kopi Sumsel yakni terdiri Muara Enim, Pagaralam, Empat Lawang, Lahat dan OKU. (adi)