Bicara Rekonsiliasi Usai Pilpres, Ma’ruf: Cebong-Kampret Kubur Aja

48 views

Jokowi-Ma’ruf Amin

Divianews.com | Jakarta – Jokowi-Ma’ruf Amin menang dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno versi hitung cepat. Ma’ruf pun berbicara soal masyarakat yang harus kembali bersatu setelah pemilu selesai.

“Kita pasti harus melakukan rekonsiliasi kepada seluruh komponen bangsa. Oleh karena itu pembelahan yang terjadi akibat pilpres maupun pileg harus kita akhiri sampai pemilu saja,” ungkap Ma’ruf Amin di kediamannya, Jl Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Ma’ruf meminta bagi kedua kubu di pilpres yang selama ini bertikai untuk kembali ke bersatu. Imbauan yang sama ia sampaikan bagi pendukung kedua kandidat capres-cawapres.

“Sudah itu kita menyatu lagi membangun bangsa. Jangan sampai pembelahan berlanjut. Sehingga harmonisasi hubungan antar kelompok-kelompok ini menjadi terganggu, kalau sudah terganggu itu maka pembangunan dan stabilitas akan terganggu, sehingga akan kami usahakan,” ucap Ma’ruf.

Ketua MUI ini memberi contoh cara yang bisa dilakukan untuk melakukan konsolidasi kebangsaan. Menurut Ma’ruf, bisa dari dialog-dialog hingga pertemuan kebangsaan lainnya.

“Pertemuan pertemuan untuk bisa mengerti tanpa harus menyampaikan kritik. Kritik sepanjang konstruktif boleh saja. Tapi tidak boleh ada permusuhan diantara kita sebangsa. Nah itu, kan kita usahakan seoptimal mungkin di dalam melakukan rekonsiliasinya itu,” sebutnya.

Ma’ruf juga menyuarakan kepada para pendukung kedua capres untuk bersatu lagi. Ia meminta agar tak perlu lagi ada sebutan cebong (pendukung Jokowi) dan kampret (pendukung Prabowo).

“Jangan lagi bunyi lagi. Selesai sampai kemarin. Kita kubur, ada cebong ada kampret, kubur saja,” tegas Ma’ruf.

Meski begitu, Ma’ruf mengucapkan rasa terima kasih kepada para pendukungnya dan Jokowi. Ia berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang memberikan suara.

“Kita ucapkan terima kasih kepada pendukung yang telah memilih kami, Pak Jokowi dan saya, makasih sebesar-besarnya atas partisipasi, kepercayaan dan dukungan,” sebut Ma’ruf.

“Ini penghargaan yang luar biasa ini kepercayaan kami memimpin bangsa ini, itu sesuatu yang begitu besar kepercayaan rakyat, itu sudah nggak ada yang lebih dari pada kita mendapat mandat dari rakyat,” imbuhnya. (red)

Posting Terkait