BI Buka Penukaran Uang Kecil, Warga Antusias Lakukan Penukaran

31 views

Warga Melakukan Penukaran Uang Kecil, Foto: Adi | Divianews.com

Divianews.com | Palembang — Jelang lebaran 2019, Bank Indonesia bersama 13 bank Himbara dan swasta nasional, baik konvensional maupun syariah membuka layanan penukaran uang pecahan kecil kebutuhan lebaran di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB).

Kepala Perwakilan Kantor BI Sumsel, Yunita Resmi Sari mengatakan selama program berlangsung  pihaknya meyiapkan dana sebesar 7,3 triliun yang tentunya bekerjasama dengan bank lainya untuk sama-sama melaksanakan program penukaran.

Ia menyampaikan, ini merupakan perhatian kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan uang kecil pada saat lebaran nanti,  setiap penukar hanya diperbolehkan melakukan penukaran maksimum Rp3,9 juta.

“Untuk hari ini kita liat animo masyarakat cukup tinggi, namu untuk di BKB kami batasi 500 orang penukar per hari,” katanya, senin (20/05/2019)

Dijelaskannnya pada program tukar uang kecil, uang pecahan kecil yang bisa ditukarkan yakni mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, dan Rp20.000. Adapun untuk jadwal penukaran pertama bank sentral membuka layanan pada 20-23 Mei 2019 dan layanan kedua pada 27-29 Mei 2019.

 

Menurutnya, tidak ada perbedaan antusiasme masyarakat yang melakukan penukaran di penukaran tahap pertama dengan penukaran kedua meski Tunjangan Hari Raya (THR) di beberapa institusi maupun perusahaan baru akan cair pada pekan depan.

 

“Kiat bisa liat antusiasnya sama saja,  karena di awal Ramadan saja sudah banyak yang melakukan penukaran di bank. Jadi ini tentu sebagai upaya kami untuk mendekatkan layanan ke masyarakat” ujarnya.

 

Selanjutnya Yunita menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan permintaan uang kartal selama ramadan dan lebaran, pihaknya dan perbankan menyiagakan Rp11 Triliun meski secara perhitungan kebutuhan masyarakat hanya Rp7,3 triliun. Jumlah tersebut tentu untuk mengantisipasi lonjakan permintaan atau transaksi keuangan selama momen besar umat Muslim seperti lebaran berlangsung. (adi)

 

 

 

 

Posting Terkait