Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin

Divianews.com | Sekayu Muba  – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) gelar Rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengendalian Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Kabupaten Muba triwulan II tahun 2019 bertempat di Auditorium Pemkab Muba, Kamis (11/7/2019), dihadiri langsung Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin, Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi, para staf ahli Bupati, para asisten, Kepala OPD dan seluruh Camat.

 

Dalam arahan Bupati, dikatakannya bahwa Rakor Evaluasi dan Pengendalian Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan ini rutin dilaksanakan setiap triwulan dan membahas realisasi fisik dan penyerapan keuangan. Dan Bupati kembali menegaskan kepada seluruh OPD untuk segera mengerjakan sesuai tupoksi dari masing-masing OPD.

 

“Kalau bicara masalah progres ralisasi fisik dan penyerapan keuangan, tentu pada triwulan II tahun ini lebih tinggi dari tahun kemarin, kita bisa mengatakan sekarang baru triwulan II, namun kalau tidak dikejar dari sekarang maka nantinya tidak bagus, jadi mumpung masih triwulan II mari kita kejar, jangan biasakan bekerja di last minute, “tegas Dodi.

 

Dodi kembali intruksikan kepada OPD agar segera selesaikan proses tender. Kesepakatan kemarin akhir bulan ini selesai dan untuk pekerjaan yang sudah selesai tender pastikan rekanan/kontraktor untuk memulai pekerjaan.

 

“Berikan sanksi yang tegas kepada rekanan/kontraktor yang terlambat, tidak ada pandang bulu atau pilih kasih karena semuanya sama. Kalian diberi delegasi untuk mengambil keputusan jadi jangan ada sungkan-sungkan kepada mereka, gunakan tupoksi kalian dengan baik, “pesan Bupati.

 

Bupati juga menghimbau agar para rekanan/kontraktor untuk koordinasi intensif dengan Para Camat, Lurah serta Kades dilokasi pelaksanaan proyek . Buat laporan tertulis sebelum mereka memulai kegiatan, Kepala OPD juga harus ikut bertanggung jawab koordinasi Kontarktor dengan Camat, Kades dan Kades.

 

“Saya minta Camat, Lurah dan Kades untuk memantau secara langsung setiap pelaksanaan pekerjaan di lokasi masing-masing karena kalian adalah pimpinan yang langsung menjadi ujung tombak kemajuan pembangunan daerah, “imbuhnya.

 

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Muba Ir Zulfakar MSi memaparkan realisasi fisik dan penyerapan keuangan sampai dengan triwulan II tahun 2019 yaitu fisik 35,98 persen dan keuangan 23,32 persen. Sementara perbandingan capaian fisik dan keuangan antara tahun 2018 dan 2019, realisasi fisik dan keuangan per bulan Juni 2019 lebih tinggi dibandingkan dengan 2018 pada periode yang sama.

 

“Untuk Top Lima Perangkat Daerah realisasi fisik dan penyerapan keungan sampai dengan triwulan II 2019, realisasi fisik yaitu Inspektorat, BKPSDM, Satpol PP, DPPPA dan BPBD. Sedangkan untuk penyerapan keuangan yaitu Inspektorat, Kecamatan Tungkal Jaya, BPBD, BKPSDM dan Kecamaan Babat Supat, “bebernya. (adi)