Bikin Berita MendidikHindari Hoax, Siswa SMK 1-2 Kartika Diajarkan Jurnalistik dan IT

99 views

Peserta pelatihan Jurnalistik dan informasi Tehnologi (IT) di SMK Kartika Jaya 1-2 Padang

Divianews.com | Padang Sumbar — Memasuki hari kedua peserta pelatihan Jurnalistik dan informasi Tehnologi (IT) di SMK Kartika Jaya 1-2 Padang, yang melibatkan 180 siswa putra dan putri, dalam rangka  menangkal pemberitaan yang tidak bertanggungjawab (Hoax) dengan membuat berita mendidik dengan mengembangkan potensi yang ada.

Pelatihan yang diinisiasi oleh Yayasan Kartika Jaya Korem 032/Wbr ini dilaksanakan di ruangan Laboratorium KKPI dan labor TKJ Gedung SMK 1-2 Kartika Jaya berlangsung selam dua hari.

Pada hari pertama kegiatan di ikuti oleh 80 siswa SMK dan di ikuti juga oleh guru pembimbing, yang dilaksanakan di ruang Labor TKJ untuk pelatihan jurnalistik dan di diruangan Labor KKPI pelatihan Informatika Tehnologi .

Dihari kedua pembagian kelas tetap dilakukan, dengan harapan agar siswa-siswi lebih mudah menangkap materi ilmu yang di ajarkan pada saat dilaksanakan pelatihan.

Kepala SMK Kartika Jaya,  Dra Nasutioni menyampaikan hari kedua pihaknya masih tetap memberlakukan pemisahan kelas yakni kelas Jurnalistik dan IT kepada siswa siswi SMK Kartik, hal itu memudahkan siswa meneyerap materi yang disampaikan.

“ Harapannya melalui  pelatihan ini para siswa-siswi bisa mengerti, dan paham  pengetahuan  tentang membuat berita dan mengenal IT sendiri. Sehingga bisa di publikasikan melalui website milik sekolah,” jelasnya, Jum’at (02/08/2019).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala Sekolah, dari pelatihan ini ada banyak materi yang di ajarkan pada pelatihan, seperti pengetahuan tentang tehnik penulisan berita, serta tehnik wawancara,  dan pembuatan webside.  Oleh karennnya kegiatan ini tentu penting untuk menambah bekal ilmu bagi para siswa peserta yang yang kali ini fokus untuk kelas 12 dari semua jurus.

“ Kita igin, anak anak tambah wawasan ilmu pengetahuan tentang Jurnalistik dan Tehnologi IT, agar anak bisa melakukan hal yang positif menghindari Hoax, dan mencoba memperkenalkan kuliner, Budaya, atau Alam Sumbar yang indah ini,” ujar kepala sekolah.

Sementara itu pada saat kegiatan pelatihan jurnalistik ini  berlangsung, siswa-siswi terlihat sangat antusias menerima materi yang di ajarkan para pemateri yakni dari Praktisi Media Adi Asmara dan Ahli IT Asal Bandung Mang Maya adi)

 

 

Posting Terkait