Semangat Merah Putih, Jadi Impian Delvi Fitri Masuk Tim Paskibraka

82 views

Delvi fitria

Divianews.com | Padang Sumbar — Impian untuk menjadi Paskibraka atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka adalah harapan semua anak muda, hal itu pula yang dirasakan oleh gadis kecil kelahiran Padang,20 Desember 2001 bernama Delvi fitria.

Delvi sapaan akrabnya,  telah telah menjatuhkan pilihannya terhadap Paskibraka sejak kecil dan itu terus ia tekuni hingga saat ini, ia pun tak kenal lelah untuk ikut latian meski harus dihadapkan dengan panas dan hujan, ia tetap semangat mengikutinya.

Bagi Delvi sebagai anak muda, menjadi salah satu yang bisa berada di barisan anggota Paskibraka merupakan kebanggaan tersendiri, sekaligus sebagai tanda kecintaanya terhadap Negara Republik Indonesia.

Delvi Fitria yang lahir di Padang pada 20 Desember 2001 ini, adalah merupakan anak pertama dari pasangan Usman dan Rina memiliki semangat besar untuk lolos di Paskibraka seleksi tingkat lebih tinggi, namun harapan itu bisa terwujud.

Delvi Fitria menuturkan keinginannya untuk menekuni kegiatan Paskibraka dilatarbelakngi oleh kedisplinan,dan ketegasan yang ditanamkan pada setaiap anggota, hingga akhirnya dirinya ikut bersama yang lainnya untuk ikut latihan tanpa mengenal lelah.

“Awal saya ikut paskibrai tu karena kedisplinan,dan ketegasan, dari sana saya bertekat ikut paskibra,awalnya itu disaat saya ikut seleksi paskibraka Nasional kelas X. Dari seleksi tu saya banyak mengambil kebaikanya dapat belajar dari apa yang saya lalui,” Jelas Delvi

Tak hanya berhenti disana saja, Delvi juga setelah itu mengikuti lomba yel yel bersama anggota lain dan berhasil mendapatkan juara dua.

‘Disana yang kami banggakan bukan hanya piala itu, tapi juga kebersamaan kami antara satu sama yang lainnya, lalu banyak juga yang sudah saya lewati pada Paskibraka ini,” jelasnya

Menurutnya semangat yang diberikan oleh seorang pelatih menjadi penyemangat besar untuk dirinya semakin bergairah dan lebih semangat lagi,hal lain yang membuat bangga itu adalah disaat dirinya bisa ikut serta sebagai pasukan pengibar bendera, dan itu sekaligus menjadi motivasi bagi dirinya untuk menjadi seorang yang disiplin,saling menghargai.

“ Intinya dari semua itu, saya bangga atas apa yang saya lakukan, dan dari situ pula saya tau tentang makna kedisiplinan dan makna mencitai bangsa meski saya hidup diera kemerdekaan seperti saat ini. Kedepan target saya  ingin lebih bisa mengembangkan,dan menjadi yang terbaik buat Nusa dan Bangsa ,dan yang paling utama semangat dan tekat dalam diri bahwa saya tu bisa,” tegasnya

Sebagai catatan, Paskibraka atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka biasanya sekumpulan pelajar kelas 10 dan 11 yang bertugas untuk mengibarkan duplikat bendera pusaka. Adapaun tugas mereka selalunya dilaksakan pada saat memperingati hari kemerdekaan Bangsa Indonesia yaitu setiap tanggal 17 Agustus tiap tahunnya.

Adapun penugasan paskibraka di bagi kepada tiga tempat.

Kabupaten/kota dimana pelaksanaannya di Kantor Bupati/Walikota, Provinsi yang dilakukan di Kantor Gubernur, serta yang paling prestisius dan idaman calon paskibraka adalah di tingkat nasional. Dilaksanakan bersama presiden di Istana Negara. Seleksi penerimaan di mulai sejak bulan April untuk persiapan upacara 17 agustus.

Penulis; Adi

 

Posting Terkait