DPK-Dinkominfo Kolaborasi Akan Terapkan Aplikasi SIKD di OPD Muba

15 views

Divianews.com | Sekayu Muba – Dalam rangka implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik guna mendukung terwujudnya Musi Banyuasin (Muba) Smart Regency, Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (DPK) berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba menerapkan Sistem Kearsipan Elektronik melalui Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Muba.

Hal ini terungkap disaat kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama DPK Muba ketika mengunjungi Kantor Dinkominfo Muba yang merupakan perangkat daerah percontohan DPK Muba dalam penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), Jumat (23/8).

Menurut Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Kepala Seksi Pengawasan Perangkat Daerah, Wina Afrida, mengatakan bahwa kunjungannya dalam rangka Uji Petik Penerapan SIKD.

“Saya lihat di Dinkominfo Muba ini SIKD-nya sudah berjalan. Disamping itu dari segi infrastruktur semua sudah disediakan oleh Dinkominfo Muba untuk mendukung SIKD. Kedepan, kami harap SIKD ini segera bisa di terapkan diseluruh perangkat daerah di Muba,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga melalui Sekretarisnya Dicky Meiriando mengatakan Dinkominfo Muba telah berkolaborasi dengan DPK Muba dalam menerapkan Aplikasi SIKD ini.

“Server dan Jaringan intranet maupun internet untuk SIKD sudah disiapkan oleh Dinkominfo Muba. Untuk penerapan aplikasi SIKD ini keseluruh perangkat daerah,  kami sudah menyediakan jaringan yang terkoneksi semua seluruh perangkat daerah melalui jalur fiber optik. Dan sudah siap untuk digunakan,” ujar Dicky.

Sementara itu, Kepala DPK Muba melalui Sekretarisnya Apriyadi mengatakan, DPK Muba akan terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk melakukan penyempurnaan dari aplikasi SIKD ini dan Dinkominfo Muba terkait jaringan dan keamanan informasi.

“Nanti DPK dan Dinkominfo Muba bersama-sama melakukan pembinaan dalam rangka penerapan SIKD di perangkat daerah lainnya. Selain itu, pada tanggal 9-24 September nanti, DPK Muba akan melaksanakan audit internal kearsipan diseluruh Perangkat Daerah” tutupnya adi)

Posting Terkait