6 Ritual Wajib Perawatan Wajah Sebelum Tidur

20 views

Ilustrasi Perawatan Wajah

Divianews.com | Jakarta — Memiliki kulit yang cantik dan bersinar adalah idaman setiap wanita. Namun kepadatan aktivitas, khususnya di luar ruangan, membuat kulit wajah terpapar sinar matahari dan debu yang kemudian menyebabkan kulit wajah mudah menjadi kering dan kusam.

Kulit wajah yang bersih dan berseri tidak didapatkan begitu saja. Perlu melakukan perawatan wajah agar kulit tetap remaja. Tidak hanya pada siang hari, perawatan kulit pada malam hari sangat penting dilakukan terutama menjelang tidur.

Melansir net-a-porter, malam hari adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan regimen kulit.

Perawatan kulit wajah yang dilakukan pada malam hari, memiliki banyak manfaat. Salah satunya meremajakan serta meregenerasi kulit wajah. Apabila rajin melakukan perawatan sebelum tidur, kulit akan menjadi lebih sehat, bersih, lembut, dan terhindar dari garis-garis penuaan.

Berikut ini ada 5 ritual wajib perawatan wajah yang biasa dilakukan sebelum tidur dilansir dari beberapa sumber.

1. Wajib bersihkan wajah

6 Ritual Wajib Perawatan Wajah sebelum TidurMencuci muka dapat menghilangkan minyak dan kotoran di permukaan. Lanjutkan pembersihan ke tahapan selanjutnya untuk membersihkan residu make-up dan kotoran yang berada di pori-pori. (Foto: Istockphoto/skynesher)

Sebelum tidur, pastikan untuk selalu mencuci wajah dengan menggunakan cleanser yang mengandung salicylic acid. Kandungan tersebut dapat membuat kulit wajah terhindar dari jerawat dan flek hitam yang membandel. Lakukanlah setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selalu hindari tidur dalam keadaan wajah kotor.

2. Jangan lewatkan toner

Gunakan toner yang sesuai dengan jenis kulitmu. Misalnya, kulit kering atau normal tidak boleh menggunakan toner yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit iritasi dan semakin kering. Pilih toner yang memiliki efek menyegarkan kulit, meremajakan, serta membuat kulit lebih halus dan lembut.

Anda juga dapat membuat toner sendiri di rumah dengan menggunakan air mawar atau air seduhan teh hijau yang sudah didinginkan.

3. Gunakan milk cleanser
Sebelum mencuci wajah, hapus semua residu make-up, kotoran, dan minyak yang menempel dengan menggunakan susu pembersih atau milk cleanser. Milk cleanser dapat membuat pori-pori kulit dapat bernapas dengan baik, melembapkan, serta membuat kulit lebih segar dan halus.

Adapun alternatif lain selain milk cleanser yakni make-up remover.

4. Rajin melakukan eksfoliasi

Tak perlu menunggu kulit terasa kering dan kasar untuk melakukan eksfoliasi. Dokter kulit menyarankan perlu mengeksfoliasi kulit 1-2 kali seminggu. Tujuannya adalah untuk mengikis sel kulit mati yang menempel pada wajah, sehingga kulit menjadi segar dan lembut kembali.

Jangan terlalu kencang menggosok scrub pada permukaan kulitmu supaya tidak iritasi.

5. Rutin pakai masker

6 Ritual Wajib Perawatan Wajah Sebelum Tidur [EBG]Mengenakan masker wajah sebelum tidur satu kali seminggu dapat mengurangi jerawat.(Istockphoto/Lacheev)

Penggunaan masker tidak dianjurkan setiap hari, cukup sekali dalam seminggu. Perlu diingat bahwa penggunaan masker tidak boleh dibarengi dengan penggunaan krim malam karena masker memiliki fungsi yang berbeda.

Dianjurkan menggunakan masker alami, misalnya masker kunyit untuk kulit berjerawat, masker oatmeal, atau masker baking soda. Diamkan pada wajah beberapa saat kemudian bilas hingga bersih. Meskipun cara kerjanya lebih lambat tetapi sangat minim efek samping.

6. Aplikasikan moisturizer

Tahap terakhir untuk perawatan kulit di malam hari adalah dengan memulaskan pelembap. Gunakan pelembap yang cocok dengan jenis kulit. Selain itu, pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan alami sehingga dapat memberikan manfaat positif dan tanpa risiko.

Bagi jenis kulit kering, penggunaan moisturizer sangat cocok untuk menyeimbangkan kelembapan kulit wajah. Apalagi pada pelembab biasanya terdapat kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang berfungsi untuk meregenerasi kulit.

Untuk kulit berjerawat, pilih yang mengandung noncomedogenic agar tak memicu jerawat. Sedangkan bagi pemilik jenis kulit yang sensitif, hindari menggunakan pelembap yang mengandung whitening (pemutih) karena dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi.

Mendapatkan wajah sehat dan bebas dari masalah kulit memang diperlukan usaha yang ekstra. Dengan rutin menjalani 6 ritual wajib perawatan malam hari menjelang tidur, kulit akan ‘berterima kasih’ padamu sehingga kamu akan melihat hasilnya. (red)

Posting Terkait