Ilustrasi Minum

Divianews.com | Jakarta – Tahukah kamu, semua orang memulai pagi mereka dengan keadaan tubuh dehidrasi? Kita tidur cukup lama, tujuh hingga delapan jam tanpa minum. Jadi, pada saat kamu bangun, tubuh kemungkinan sudah sedikit mengalami dehidrasi.

Bagaimana caranya mengembalikan cairan tubuh yang hilang? Meskipun air putih selalu menjadi pilihan terbaik, ada beberapa minuman sehat lainnya yang bisa kamu coba, lho!

Dikutip dari Healthline, berikut 5 minuman sehat yang cocok diminum saat pagi hari:

1. Air Perasan Lemon

Minumlah air putih setidaknya dua gelas di pagi hari, fungsinya bisa mengeluarkan racun, mengembalikan cairan, dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Kamu bisa menmbahkan perasan lemon atau jeruk lainnya ke dalam air putih. Air lemon bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh.Minuman ini merupakan sumber vitamin C terpercaya. Air lemon mengandung hampir seperempat dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

2. Teh Hijau

Ada beberapa manfaat kesehatan dari teh hijau yang dikenal sebagai sumber antioksidan. Salah satunya adalah, kemampuan untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau juga dapat membantu membakar sumber lemak.

3. Jus Sayuran

Nutrisi yang ditemukan dalam sayuran, khususnya sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam terbukti bisa menambah energi. Sayuran mengandung zat besi yang membantu mengirimkan oksigen ke sel-sel dan melawan sumber kelelahan secara langsung.

4. Teh Jahe

Jika kamu termasuk orang yang memiliki perut sensitif di pagi hari, mulailah konsumsi teh jahe untuk menghilangkan sakit perut. Selain itu manfaat lainnya dari meminum teh jahe di pagi hari, bisa meredakan masalah perut seperti mual, muntah, dan diare.

Untuk membuat teh jahe, tambahkan beberapa sendok makan jahe segar parut ke dalam secangkir air mendidih, rendam dan biarkan meresap selama lima menit sebelum diminum.

5. Jus lidah buaya

Mungkin aneh untuk meminum jus ini di pagi hari. Tapi, mempertimbangkan berbagai manfaatnya, tidak ada salahnya untuk mencoba. Lidah buaya terkenal sebagai obat untuk membantu menyembuhkan luka, masalah kulit, dan terbakar sinar matahari, tetapi tanaman ini juga dapat membantu mengatasi masalah perut.

Sifat anti-inflamasi dalam jus lidah buaya membantu mengurangi peradangan gastrointestinal atau masalah gangguan pencernaan. (red)