Kabut Asap Menebal, Dinkes Sumsel Bagikan 11 Ribu Masker

18 views

Divianews.com | Palembang — Terdampak kabut asap, Dinas Kesehatan Sumatera Selatan membagikan 11 ribu masker di Palembang , Menebalnya kabut asap di Kota Palembang dikhawatirkan meningkatkan potensi penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes SUmsel Fery Yanuar mengatakan, pihaknya menyebarkan beberapa tim untuk membagikan masker secara gratis kepada masyarakat, khususnya pengguna kendaraan bermotor dan siswa sekolah yang paling rawan terpapar kabut asap.

“Ini baru pertama kali kita lakukan seiring kabut asap yang terjadi beberapa hari ke belakang. Kita minta masyarakat pakai masker untuk menghindari menghisap udara yang mengandung partikel asap,” ujar Fery.

Beberapa titik yang menjadi tempat pembagian masker yakni persimpangan jalan dan sekolah-sekolah. Apabila kondisi kabut asap masih terus terjadi, pihaknya akan terus membagikan masker secara merata ke titik serta sekolah lain.

Sementara itu Kepada Dinkes Sumsel Lesty Nuraini berujar, pihaknya pun telah  mengeluarkan surat edaran kepada Dinkes di 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel untuk segera melakukan upaya pencegahan bagi masyarakat yang terdampak kabut asap. Dinkes pun bakal mengedukasi masyarakat bagaimana cara mengatasi dampak kabut asap terhadap kesehatan.

Pihaknya pun meminta kepada seluruh dinkes untuk mendirikan posko penanggulangan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap agar masyarakat bisa berkonsultasi dan memeriksakan kesehatannya secepatnya.

“Posko kesehatan didirikan di setiap posko penanggulangan karhutla, kita minta agar selalu ada tim kesehatan agar siaga. Jika ada warga yang mengeluhkan sakit, langsung ditindaklanjuti,” ujar dia.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga asupan gizi, serta banyak minum air untuk mengurangi dampak asap yang terhirup.

“Kalau harus beraktivitas di luar ruangan, pastikan selalu menggunakan masker untuk mencegah partikel asap itu terhirup oleh kita,” kata Lesty. (adi)

Posting Terkait