Dharma Pertiwi Daerah A Sumbar, Gelar Pelatihan Bikin Sepatu

142 views

Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah A, Mia Kunto Arief Wibowo, Foto Bersama Peserta Pelatihan Bikin Sepatu Wakay

Divianews.com | Padang Sumbar — Dalam rangka HUT TNI ke-74, Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah A kembali melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Sepatu Wakay dengan mendatangkan langsung mentor dari Surabaya yakni Ronny Priyono dan Jenny yang berlangsung di Balai Kantor Yayasan Kartika Jaya Koordinator Rem 032 Cabang I Bukit Barisan.

Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah A, Mia Kunto Arief Wibowo menyampaikan apresiasi kepada  para ketua cabang yang telah menghadirkan anggotanya sebagai peserta dan telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan pembuatan sepatu Wakay ini.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa mentor yakni Ronny dan Jenny adalah sahabatnya ngobrolnya di Surabaya, lalu berawal dari iseng ngobrol tentang kegiatan masing-masing dan ternyata beliau punya keahlian yang tidak semua orang punya yaitu membuat sepatu membuat sandal dan yang paling sederhana adalah membuat sandal hotel yang dijahit pakai tangan saja bisa.

Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah A, Mia Kunto Arief Wibowo

“Alhasil dari situ saya mulai berfikir, dalam rangka HUT TNI yang ke 74 ini, ingin kembali menempatkan bahwa TNI berasal dari rakyat dan harus berguna untuk rakyat, dan aplikasinya pada kali ini adalah apa yang bisa kita bawa untuk rakyat kalau kita tidak punya keahlian, atau keterampilan, dan kita secara terus-menerus menggali, berinovasi, mengajak para ibu-ibu semua dan adik-adik saya sekalian, juga ibu-ibu pengurus saya yang di Dharma Pertiwi ,” jelasnya, jum’at (20/08/2019)

Ia menekankan jika ada kesempatan harus diraih, masalah nanti berguna atau tidak Itu bekal, anggap itu sebagai bekal untuk di masyarakat karena masa dinas itu akan ada habisnya akan ada jedanya,  oleh karenanya harus manfaatkan kesempatan yang ada semaksimal mungkin dan sebaik-baik mungkin. Dengan banyaknya keterampilan yang kita punyai maka kita akan lebih percaya diri untuk bisa bergabung bersama masyarakat.

Untuk tahap awal tambahnya peserta dibagi beberapa sesi, materi yang akan diajarkan pada kesempatan kali ini yang paling sederhana, nanti setelah ketahuan mungkin ada yang berbakat dan berminat bisa melanjutkan ke tingkat yang lebih lanjut kemudian juga mengaplikasikannya.

Ronny Priyono dan Jenny menjelaskan tekhnis pembuatan sepatu kepada pserta pelatihan

“ Kemaren juga saran dari ibu Ketua PD 1 Bukit Barisan yang mana sudah melihat keterampilan kita di batalyon 131 Payakumbuh, disana sudah bisa membuat sepatu dari bahan rajutan hanya karena bahan terbatas jadi kurang bagus atas saran beliu pula maka didatangkanlah tenaga ahli yang bisa menyempurnakan apa yang sudah dibuat oleh adik-adik di Payakumbuh,” jelasnya

Oleh karenanya diharapkan semua peserta pelatihan bisa bersemangat mengikuti pelatihan, jangan tegang semua juga masih belajar, tidak ada yang sudah ahli dalam hal ini, kalau belum bisa pakai mesin jahit bisa masang jarum tidak ada masalah karena memang semua masih pemula.

Sementara itu mentor pelatihan pembuatan sepatu Wakay, Ronny Priyono menyampaikan, ditengah kondisi yang sulit apapun bisa menghasilkan, apabila ada kemauan pasti ada jalannya, diantaranya meningkatkan kemampuan dalam melihat peluang yang ada.

Menumbuhkan jiwa Entrepreneur atau Wirausaha untuk membikin usaha dan usaha apa yang bagus bisa menghasilkan untuk menambah pendapatan,  bisa saja bikin usaha kecil-kecilanlah yang bisa menambah pendapatan salah satunya yang mungkin adalah pembuatan alas kaki dan kuncinya berani.

Ada beberapa alasan kenapa orang itu enggan menjadi pengusaha atau entrepreneur:

Pertama merasa tidak berbakat, takut dengan resiko, perlu motivasi tinggi, tidak ada modal, pengalaman tidak ada, lingkungan tidak mendukung dan merasa nyaman dengan kondisi sekarang.

“Padahal kita ketahui tidak selamanya kita itu berada dozona yang nyaman, untuk kesana yang diperlukan itu adalah keahlian,  dari pribadi kita masing-masing untuk bagaimana kita tetap bisa berkarya dan menghasilkan pendapatan tambahan,” jelasnya

Beberapa kiat sukses menjadi wirausaha:

Motivasi, energy, pengetahuan, imajinasi, tindakan optimis, memiliki keteguhan, fleksibilitas dan Sabar.

“ Pasang niat yang kuat, biasanya orang-orang kebanyakan kalau misalnya mempelajari sesuatu tidak diikuti dengan niat sehingga setengah hati, misal awalnya ada motivasi untuk belajar jahit ternyata pada saat perjalanan ada kendalanya yang bikin kita itu nggak konsen malesnya ataupun gangguan-gangguan lainnya. Padahal kunci sukses berwirausaha itu harus tekun menekuni dan mencintai pekerjaan itu,’ Tambahnya

Intinya menurut Sonny, jika suatu pekerjaan dilakoni dengan penuh kecintaan dan diringi dengan motivasi yang kuat, tentu akan berdampak terhadap apa yang menjadi tujuan kahir, dan untuk berusaha itu jangan taku untuk memulai. (adi)

 

Posting Terkait