Pantau Perkembangan Karhutlah, Korem Gapo Gelar Rapat Evaluasi

48 views

Divianews.com | Palembang — Sikapi perkembangan hot spot dan sebaran asap makin hari makin menyebar luas di kawasan Ogan Ilir,Ogan Komering Ilir dan wilayah Muara Enim,khususnya yang terjadi kebakaran di Kebun Raya. Danrem 044/Gapo melaksanakan brefing berupa kaji ulang dengan para  Kasi Korem yang berkaitan dengan penanganan Karhutlla yang terjadi di Desa Penyandingan,Kebun Raya dan Medak.

Ketiga kawasan ini perlu penanganan yang lebih intensif lagi,guna mengurangi rambatan api yang semakin cepat.Cepatnya rambatan api ini dipengaruhi faktor angin yang cukup kencang.

Danrem 044/Gapo menyampaikan untuk menanggulangi tiga kawasan ini,harus mengadakan inovasi baru dengan membuat sumur bor di lokasi kebakaran yang terdekat sumber api guna memaksimalkan penggunaan air yang semakin sulit terjangkau.

“Dalam waktu dekat saya akan mengadakan diskusi dengan kepala Tim Restorasi Gambut (TRG) dan dinas yang berkaitan guna mewujudkan pembuatan sumur bor sebagai sumber air untuk menyiram api serta pembasahan lahan,” ujarnya, jum’at (20/09/2019).

Selain itu juga,pihaknya akan menambah pasukan perbantuan dari Kodam II/Swj, dan akan menerima 100 orang lagi untuk memperkuat pasukan yang ada dilapanangan. Besar harapan kita dengan tambahan personil ini akan menambah efektip upaya pemadaman api.

Disamping itu juga kita akan membentuk Pasukan Tim Reaksi Cepat,yang setiap saat dan dalam situasi apapun,apabila dibutuhkan dalam waktu segera untuk membantu pemadaman api,maka tim ini akan sesegera mungkin siap sedia untuk bergerak,Dan ditambah lagi dengan tim buru sergap pembakar lahan yang kita siapkan dari unit-unit intel kodim ditambah personil dari satuan tempur,guna mengejar dan menangkap  pembakar lahan,” ungkap Danrem. (adi)

Posting Terkait