Inovasi Pos Koramil Mobile

Divianews.com | Padang Sumbar — Korem 032/Wirabraja terus melakukan Inovasi untuk menunjang tugas para personil dilapangan, dan  berupaya mengimbangi kemajuan dan tuntutan tugas baik diinternal jajaran Korem sendiri  maupun dalam rangka membantu mengatasi kesulitan masyarakat khususnya di Sumatera Barat.

Dibawah kepemimpinan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, kembali muncul inovasi baru yang dinamai Pos Koramil Mobile sebagai jawaban kebutuhan kerja bagi personil TNI terutama di Wilayah Sumbar yang tergolong luas dengan tantangan yang berbeda.

Jenderal Bintang Satu yang terkenal selalu berinovasi untuk  TNI ini, menyampaikan bahwa Koramil mobile adalah sebuah inovasi yang dibentuk oleh Korem untuk melayani masyarakat menggunakan kendaraan mobil dengan perlengkapannya yang tergolong canggih. Dan tugasnya untuk menjangkau daerah daerah terpencil yang belum terjangkau oleh Koramil menetap dalam rangka pembinaan territorial (Binter) dan membantu kesulitan masyarakat dalam berbagai hal.

Menurutnya, Pos Koramil Mobile yang didukung dengan  fasilitas perangkat IT, buku buku referensi dan perangkat lainnya seperti Drone yang berfungsi untuk memantau wilayah.  Melalui Koramil mobile juga di dalamnya dapat memberikan berbagai  layanan kepada masyarakat diantaranya layanan penyuluhan dan konsultasi seputar persoalan teknik, otomotif dan listrik.

“Layanan Informasi dengan memberikan segala jenis informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti informasi tentang  penerimaan TNI, informasi  pendidikan  dan informasi lainnya. Karena untuk  memenuhi kebutuhan informasi di masyarakat tidak cukup hanya dengan satu media saja melainkan juga dengan media lain termasuk melalui Koramil Mobile sebagai media informasi,” ungkapnya

Selanjutnya ia menambahkan, untuk menambah rasa nyaman Pos Ramil Mobile juga memberi layanan rasa  keamanan seperti pemutaran film, layanan konsultasi dan penyuluhan pertanian serta perikanan, layanan  tentang siaga bencana dan kepedulian lingkungan. Dalam pelaksanaan tugasnya Pos Ramil Mobile lebih mudah dalam memantau situasi wilayah karena telah didukung  dengan memanfaatkan aplikasi Sikowil di Jajaran Korem 032/Wbr.

“ Kita berharap melalui inovasi-inovasi yang telah tercipta termasuk inovasi Koramil Mobile diharapkan dapat lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan keberhasilan dalam membangun kemanunggalan  TNI Rakyat di Wilayah Provinsi  Sumatera Barat,” tegas Kunto (adi)