Divianews.com | Palembang — Pameran Alat Utama Sistem Kesenjataan (Alutsista) dalam rangkaian HUT Ke-74 TNI tahun 2019 yang digelar oleh TNI jajaran Kodam II/Swj bertujuan untuk memperkenalkan berbagai alat senjata yang di miliki TNI AD, AL, AU sebagai Sistem Pertahanan TNI kepada masyarakat yang menyaksikan Pameran Alutsista di pelataran parkir Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Pameran Alutsista ini dibuka oleh Kasdam II/Swj,serta didampingi oleh Danrem 044/Gapo,Danlanud , Danlanal Palembang , Dandim 0418/Plebang,pada Sabtu (5/10/2019).

Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han) mengatakan bahwa, Pameran Alutsista tersebut dibuka untuk umum sehingga masyarakat diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung peralatan senjata pertahanan yang dimiliki oleh TNI.

Selain itu, kata Kasdam, dalam pameran ini juga terdapat banyak stand yang berisi berbagai informasi tentang peralatan perahanan milik TNI.

“Kepada para pengunjung dipersilahkan untuk menikmati fasilitas yang ada dan jangan ragu untuk bertanya segala hal yang terkait semua persenjataan yang di pamerkan oleh TNI”, kata Kasdam.

Pada acara Pameran Alutsista ini, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial didampingi oleh Danrem 044/Gapo, Danlanal dan Danlanud SMH Palembang berkesempatan meninjau langsung Stand Pameran Alutsista yang diikuti beberapa pejabat TNI untuk melihat dari dekat puluhan Stand Pameran tersebut.

Banyak alat peralatan tempur milik Tni yang di pajang pada pameran Alutsista tersebut di antaranya, kendaraan tempur (ranpur) jenis tarantula, anoa, APR 1V1, PJD, Kapal Motor Cepat (KMC), senjata berat Meriam 105 mm dan meriam 57 mm beserta munisinya. Sedangkan pameran senjata ringan di antaranya jenis Pistol, senapan SS1 V1 sampai dengan V4, senapan SPR 7.62 mm, dan jenis senjata berupa alat perlengkapan jihandak seperti ransus Jihandak, robot packbot, dan bom trailer serta alat optic.

Pada kesempatan itu juga diadakan joy ride bagi masyarakat pengunjung untuk menaiki Tank Anoa dan berputar mengelilingi  Kesdam II/Swj dan kembali lagi ke Pelataran BKB.

Kasdam menyampaikan dengan adanya pameran Alutsista ini berharap agar rakyat semakin mengenal dan mencintai Tentara Nasional Indonesia,dan agar terwujud seperti apa yang jadi motto Hut TNITahun 2019 ini yaitu Tni Profesional Kebanggaan Rakyat,tandasnya. (adi)