Dukung Ops Pamtas, Korem 032/Wbr Buat Motor ATV

121 views

Motor All Terrain Vehicle (ATV) Hasil Inovasi Korem 032/Wirabaraja

Divianews.com | Padang Sumbar — Selain harus memiliki kemampuan tempur  sebagai tugas utama menjaga NKRI, TNI juga dituntut mengimbangi kemajuan yang diperlukan saaat ini, Korem 032/Wirabaraja berinovasi di bidang otomotif sebagai sarana untuk mendukung tugas dilapangan, termasuk untuk operasional pengamanan wilayah perbatasan.

Hal itu dilakukan oleh jajaran Korem 032/Wirabraja saat ini, dibawah Komandan Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo sebagai penginpirasi anggotanya  membuat sebuah terobosan dalam bidang otomotif dengan merakit sebuah Motor All Terrain Vehicle (ATV) dengan memanfaatkan mesin motor Honda GL 100 yang sudah tidak digunakan lagi.

Motor All Terrain Vehicle (ATV) dengan memanfaatkan mesin motor Honda GL 100 yang sudah tidak digunakan lagi, dimodifikasi menjadi sistem pengapiannya menjadi waterproof tersebut didalam rangka untuk mendukung Ops Pamtas.

Motor ATV yang terkenal sebagai kendaraan yang bisa melalui segala medan ini sangat cocok untuk mendukung tugas TNI.

“Mengingat medan tugas TNI dilapangan yang beragam terutama pada saat melakukan tugas operasi maupun bagi prajurit yang bertugas dikewilayahan, karena mudah dikemudikan baik dalam kondisi jalan basah, naik, atau turunan bukit. Kekuatannya ATV ini  bisa melewati medan medan yang tidak bisa dilewati oleh sepeda motor biasa,” ucap Danrem

Diungkapkan Kunto,  ide ini awalnya dimaksudkan untuk mengarahkan para prajuritnya agar selalu berpikir kreatif dan inovatif. Selain itu, perakitan ini juga bertujuan untuk mengimplementasikan kemampuan para prajuritnya yang memiliki bakat di bidang otomotif agar dapat menciptakan karya-karya yang inovatif dan dapat diterima dimasyarakat serta bisa mendukung tugas pokok dari TNI AD termasuk untuk operasional anggota dalam pengaman perbatasa nantinya.

Sejauh ini menurutnya Korem 032/WBR  terus akan berusaha untuk tetap berkarya menuangkan dalam inovasi, dan produk kreasi guna mendukung kemajuan TNI AD. Salah satu hasil dari inovasi juga mendapat apresiasi dan tanggapan positif dari Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari pada saat berkunjung ke Korem 032/WBR beberapa waktu yang lalu.

“Nantinya Kendaraan ATV ini akan digunakan perdana dalam mendukung tugas Satgas Yonif 133/YS di perbatasan RI-Malaysia. Nantinya diharapkan kendaraan ATV dapat digunakan oleh satuan operasional di jajaran Korem 032 guna mendukung tugas-tugas TNI. (adi)

 

Posting Terkait