Kemenag OKUT: Lihat Situasi, Sistem Belajar Masih Dari Rumah

112 views

Divianews.com | Martapura OKUT — Kepala Kementerian Agama OKU Timur, H Abdul Rosyid  Sag. MM Meminta jajarannya khusus bidang Pendidikan lingkungan kementerian agama (kemenag) agar  dapat mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah,masa libur sekolah demi mencegah  dan Antisipasi penyebaran corona virus

”Kegiatan belajar mengajar dan kegiatan, ujian pada madrasah / pondok pesantren  pembelajarannya saat ini dilakukan dari di rumah murid itu sendiri namun pihaknya terus memantau  perkembangnnya melalui dewan guru  disesuaikan dengan kebijakan dan ditetapkan oleh Pemerintah Daerah ” tegas Kakankemenag, H.Abdul Rosyid SAg,Senin (13/4/2020).

Ia,  menjelaskan dalam waktu dekat pendidikan dilingkungan kemenag akan menggelar Ujian Akhir Berstandar Nasional (UAMBN)Berbasis Komputer. Untuk daerah yang aktivitas pendidikan di sekolahnya sudah ditutup, rencananya dapat dilakukan ujian secara khusus setelah masa liburan berakhir. Dan lainnya untuk ujian  langsung dengan soal nantinya akan di bagikan per anak  secar online melalui washab.

“Pelaksanaan Ujian Nasional akan mengikuti kebijakan Kemendikbud, jika nantinya dijadwalnya bertepatan dengan kebijakan daerah menutup aktivitas belajar di sekolah,” tutur Abdul Rosyid.

Namun Bagi Madrasah/ Pondok Pesantren yang berbasis asrama/pondok pesantren, ia, minta  agar membatasi aktivitas santri di luar asrama. Jika memungkinkan orangtua/wali santri tidak menjenguk terlebih dahulu.

Selain itu, Madrasah berbasis asrama dan pesantren juga diminta mengambil kebijakan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini, dengan melakukan edukasi kepada siswa/santri agar melakukan cuci tangan pakai sabun, membersihkan lingkungan asrama, menggulung karpet masjid/musholla, dan mengikuti protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah.

“Madrasah berasrama dan pesantren agar menyiapkan hand sanitizer dan memastikan orang yang keluar masuk asrama/komplek terbebas dari corona dengan melakukan pemeriksaan tempratur”.

Sambungnya, terkait informasi untuk belajar mengajar seperti biasa sesuai kebijakan daerah, melalui surat edaran bupati , Liburan anak sekolah  di OKU Timur ,sampai tanggal 18 april mendatang.

Serta saat ini kita juga masih menunggu surat keputusan (SK) dari pemerintah daerah,  apakah akan ditambah libur atau tidak, menimbang situasi seperti ini, dia juga memghimbau agar para orang tua, dapat terus memantau anak-anaknya dapat  belajar di rumah,  ikuti anjuran pemerintah  jaga jarak demi memutus mata rantai penularan covid19 di daerah ini, pungkasnya (Jhon).

Editor: adi

Bagikan :

Posting Terkait