Satgas Penanganan Covid-19 Pusat Kampanyekan Gerakan Pakai Masker

60 views

Divianews.com | Palembang — Meningkatnya jumlah penderita Covid-19 setiap harinya membuat upaya pencegahan Covid-19 terus dilakukan pemerintah agar tidak semakin meluas, salah satunya mewajibkan pemakaian masker bagi semua orang.

Terkait hal itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pusat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka mengkampanyekan Gerakan Pakai Masker.

Dalam Rakor yang digelar melalui Video Conference (Vidcon) tersebut, terlihat Aster Kasdam II/Swj Kolonel Arh Fithrizal Setiawan, S.Sos., M.Sc., Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan, Pabandya Ops Sopsdam II/Swj dan Pabandya Bhakti Sterdam II/Swj menyimak pembahasan maupun paparan yang disampaikan sejumlah narasumber, bertempat di Ruang Puskodalops Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang, Minggu (9/8/2020).

Selain diikuti oleh sejumlah narasumber diantaranya ; sebagai Pembicara utama, Bapak Tomy Suryopratomo, dengan topik, “Kampanye Gerakan Pakai Masker”, Prof Wiki dengan topik, Update Perkembangan Covid-19 di Indonesia, rakor tersebut diikuti juga oleh sejumlah pejabat TNI/Polri seperti ; Asops Panglima TNI, Asops Kapolri, Waasops Panglima TNI, unsur Penerangan dan Teritorial TNI/Polri tingkat Kodim dan Polres pada 34 Provinsi dan Satgas Penanganan Covid-19 pada 34 Provinsi di Indonesia.

Tampak juga, Sekretaris Menteri  Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sekmen BUMN, Sekjen Kemenkes, Dirut BUMN maupun Swasta.

Dalam rakor tersebut disimpulkan, agar seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada agar selalu menggunakan masker pada saat di luar rumah.

Kepada seluruh masyarakat dianjurkan juga memakai masker yang berbahan yang tidak mengganggu pernafasan seperti katun, dimana dalam penggunaannya tertutup dagu dan mulut sampai hidung. Sebaiknya menggunakan masker 3 lapis.

Diharapkan agar masyarakat tetap mempedomani Protokol Kesehatan (Prokes) 3M, yakni : Menggunakan Masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun dan air yg mengalir.

Selain itu, agar seluruh komponen masyarakat mengkampanyekan secara bersama untuk memakai Masker di semua jalur, seperti ; di Medsos, Iklan layanan Masyarakat, Talk show, Tatap muka, Diskusi ,  Ceramah/Khotbah Agama, Pamplet, Pertemuan, Diskusi dan Pelajaran Kampus, Komonitas Anak Muda, Seni, Vitron dan lain sebagainya dalam mensosialisasikan 3M guna memutuskan penularan Covid-19 di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo menyoroti angka kesadaran pakai masker di Indonesia yang disebutnya masih rendah. Dia meminta pihak-pihak terkait memilih orang yang tepat untuk edukasi dan sosialisasi masker.

Letjen Doni Manardo juga menyebut peran seluruh komponen bangsa penting untuk masyarakat bisa lebih sadar memakai masker. Dia berharap banyak orang penting dan tepat dilibatkan dalam sosialisasi masker. Dia pun menyarankan agar kaum wanita lebih masif digerakkan dalam gerakan ini.

Doni Monardo yakin strategi sosialisasi masker ini bakal efektif. Doni juga bicara soal anak sekolah dasar atau SD.

“Kami yakin ini akan juga sangat efektif, termasuk anak-anak, terutama pelajar SD karena biasanya kalau pelajar SD ini sudah memahami apa yang menjadi ketentuan, dia akan menyampaikan kepada orang tuanya dan ketika orang tuanya tidak patuh atau tidak mau, maka anak ini akan menegur orang tuanya,” ucapnya.

“Kita tidak bisa hanya mengandalkan 1-2 kelompok saja, tetapi dari seluruh sektor harus kita lakukan, memilih orang-orang yang tepat, termasuk anak-anak dalam perubahan perilaku ini sangat-sangat penting sekali,” tegas Doni Monardo.

Bagikan :

Posting Terkait