5 Tanda saat Sistem Imun Sedang Menurun

61 views

Ilustrais

Divianews.com | Jakarta  — Sistem imun yang kuat jadi salah satu benteng pertahanan tubuh. Ada beberapa tanda yang menjadi indikator menurunnya sistem imun.

Di tengah pandemi Covid-19, sistem imun jadi salah satu faktor penting. Daya tahan tubuh yang kuat dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi, termasuk infeksi virus corona.

Sebaliknya, saat daya tahan tubuh melemah, tubuh menjadi mudah terserang berbagai penyakit.

Namun, bagaimana cara mengetahui sistem imun yang sedang menurun? Tak ada alat ukur khusus, tapi tubuh akan memberikan sinyal-sinyal tertentu.

  1. Luka sulit sembuh

Melansir dari Livestrong, Brian Chow, dokter penyakit infeksi di Tufts Medical Center menjelaskan, luka bakal memicu sistem imun bekerja. Saat sistem imun dalam kondisi prima, sel darah putih langsung membantu melawan bakteri penyebab infeksi. Sementara itu, sel darah merah akan membantu pembentukan jaringan baru.

Mekanisme ini bisa berlangsung cepat, kecuali jika sistem imun Anda melemah. Luka bakal memakan waktu lebih lama untuk sembuh.

  1. Infeksi sinus atau telinga

Berdasarkan American Academy of Allergy Asthma and Immunology, jika Anda mengalami lebih dari empat kali infeksi telinga atau tiga kali infeksi sinus dalam setahun berarti Anda memiliki sistem imun yang rendah. Tanda lain juga bisa diamati dari infeksi pernapasan atau pneumonia. Anda patut waspada kalau jika mengalami dua kali pneumonia dalam setahun.

  1. Sering demam

Meski demam tidak separah infeksi sinus atau telinga, ini juga mengakibatkan rasa tidak nyaman. Jika Anda sering demam, itu bisa jadi sinyal bahwa sistem imun sedang dalam kondisi kurang prima. Sebelum merasa khawatir, Anda disarankan untuk melihat gaya hidup sehari-hari.

  1. Sering merasa lelah

Kelelahan normal terjadi setelah melakukan aktivitas fisik berat. Namun, saat rasa lelah datang tanpa ada aktivitas berarti, salah satu yang patut dicurigai adalah penurunan sistem imun. Chow merekomendasikan untuk mengecek apakah Anda mengidap anemia, sleep apnea, masalah endokrin atau gangguan lain. Jika tidak, berarti sistem imun Anda sedang bermasalah.

  1. Masalah pencernaan

Ahli kesehatan Kathryn Boling mengatakan, masalah pada pencernaan jadi tanda sistem imun tubuh menurun. Masalah pada pencernaan juga jadi tanda Anda mengalami stres berat. “Dan kita tahu stres bisa membuat Anda lebih rentan terkena infeksi,” imbuhnya.

Sebaiknya, Anda mulai memperhatikan diet yang sehat. Bagaimana caranya? Mulai dengan mengurangi atau menghindari makanan dengan gula tambahan, biji-bijian rafinasi, dan lemak jenuh. Ketiganya bisa merusak mikroba alami usus. Usus memainkan peranan penting dalam sistem imun. (red/els/asr)

Bagikan :

Posting Terkait