Ini Persiapan Event Ciater Orienteering Championships 2021

244 views

Ketua Umum AOMI Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo (ketiga dari kiri) saat berkunjung ke Sari Ater

Divianews.com | Bandung Jabar — Penyelenggara terus mempersiapkan Event  Ciater Orienteering Championships yang akan dilaksanakan di kawasan taman rekreasi pemandian air panas alami Sari Ater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada 25 Juli 2021 mendatang.

Orienteering itu sendiri adalah merupakan cabang olahraga yang akan menguji pesertanya dibidang kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas.

Ketua Umum AOMI Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, jum’at (04/06/2021)  menyampaikan Event yang akan dilaksanakan nanti bekerjasama dengan Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Jawa Barat, Ciater Universe, dan Assosiasi Orienteering Militer Indonesia (AOMI).

Ia menyampaikan dalam kegiatan ini sendiri akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dan sejauh ini para peserta terus melakukan persiapan, termasuk penyelenggara juga memaksimalkan waktu untuk persiapan lokasi.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan, teripilihnya Ciater tentu karena dari sisi geografis kawasan Ciater sangat tepat untuk pelaksanaan olahraga orienteering di Provinsi Jawa Barat, lokasi dan cuacanya mendukung bagi peserta yang memilki kesukaan berwisata.

“Olahraga Ini adalah olahraga yang cocok untuk semua kalangan dari semua umur baik laki laki maupun perempuan. Saya melihat di kawasan Ciater ini lokasinya cukup strategis dan memiliki spot pariwisata yang baik sehingga bisa dikembangkan sebagai kawasan sport tourism, dimana dalamnya juga bisa untuk pengembangan Orienteering,” katanya.

Ia menjelaskan  orienteering merupakan salah satu cabang olahraga yang sejatinya dilakukan di alam bebas. Dan dulunya  sering dilaksanakan anggota militer untuk melatih kemampuan navigasi darat, dengan berbagai variasi. Selanjutnya seiring perjalanan waktu semua kalangan, mulai diminati, mulai dari profesional, keluarga juga anak-anak. Tergantung lokasi yang dipersiapkan.

“ Untuk tehnis  pelaksanaannya, agar kompetisi ini bisa berjalan secara fair, peta navigasi diberikan beberapa detik sebelum dimulai. Kemudian semua peserta dituntut untuk mengikuti rute tercepat dari satu titik control point, menuju titik kontrol lainnya, hingga mencapai finish.

Mengingat Kompetisi orienteering ini benar-benar menguji keahlian navigasi, kosentrasi, dan kemampuan lari peserta. Jadi kebugaran dan kecepatan sangat diperlukan, maka para peserta harus benar-benar mepersiapkan diri secara baik.

Normalnya, peserta orienteering harus bergerak dengan cepat. Peserta diberi sebuah peta topografi, biasanya peta orienteering yang disiapkan secara khusus, yang akan mereka gunakan untuk menemukan titik kontrol (control point). (adi)

 

 

 

Bagikan :

Posting Terkait