Dorong Percepatan, KemenKominfo dukung Gerakan Vaksin Merdeka

154 views

Divianews.com | Bekasi  –  Di samping upaya terus mendorong peningkatan kedisiplinan di masyarakat terkait protokol kesehatan (prokes),serta pengambilan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pemerintah juga terusmemperluas dan mempercepat program vaksinasi masyarakat.

Pemerintah mentargetkan 1 juta dosis vaksin per hari dibulanJuli dan 2 juta dosis per hari di bulan Agustus.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam ratas penanganan pandemi COVID-19 (evaluasi PPKM darurat) di Istana Merdeka, Jumat (16/7/2021) lalu. Bahkan Jokowi yakin target pemberian 5 jutadosisvaksin COVID-19 dalam sehari kepada masyarakat bisa terwujud.

Upaya untuk mencapai target tersebut tentu harus melibatkan berbagai pihak, institusi maupun organisasi masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut Kementerian Kominfo mendukung Gerakan Vaksin Merdeka yang diprakarsai oleh Perkumpulan Pertiwi Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan RW 36 Kemang Pratama dengan menyelenggarakan vaksin masal untuk wilayah Bekasi.

Gerakan Vaksin Merdeka yang diselenggarakan sekaligus dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI ini akan berlangsung di aula Ibrahim Kemang Pratama Bekasi Selasa (17/8/ 2021).

Sebanyak1.340 dosis vaksin ditargetkan untuk usia 12 tahun keatas.

Gerakan vaksin masal ini sebelumnya juga telah dilakukan oleh Perhimpunan Pertiwi, komunitasyang beranggotakan lebih dari 17.000 perempuanyang bergerak dibidang sosial ini di beberapa daerah,seperti di Hang Jebat Jakarta Selatan, Sekolah High Scope Jakarta Selatan, dan Bekasi.

Selain sudah pernah dilakukan di beberapa lokasi sebelumnya, Ketua Pertiwi Bekasi Tismulyati meyakinkan bahwa proses vaksin masal akan berjalan lancar dan aman dengan didukung tim dokter dan vaksinator yang cukup.

Untuk memenuhi protokol kesehatan, salah satunya dengan mengatur antrian 200 orang per jam dan mengambillokasi aula yang cukup luas.

SeptrianaTangkary, Direktur IKPM, DirektoratJenderalInformasi dan KomunikasiPublik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dalam sambutannya mengatakan,  di kegiatan Gerakan Vaksin Merdeka tersebut juga adalah salah satu strategi pemerintah untuk penanganan pandemi Covid namun perlu didampingi oleh kedisiplinan masyarakat dan harus dilaksanakan secara bersama.

“Jangan lupa pakai masker! Selama belum tercapai kekebalan komunitas, maka pencegahan paling efektif adalah kepatuhan protokol kesehatan oleh seluruh lapisanmasyarakat. Ingat, wabah Covid-19 ini belumberakhir, tetap disiplin protokol kesehatan3M demi kesehatanbersama”, pungkasnya.

Disampaikanjuga oleh Usman Kansong (Dirjen IKP Kementerian Kominfo), menjalankanperansebagaiGovernment Public Relation “GPR”, Kementerian Kominfo akan terus mendorong dan mensosialisasikan program percepatan vaksinasi ini dan terus menerus mendorong kepatuhan protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Jangan ragu atau takut untuk menjalani vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini mempunyai peranan strategis untuk memulihkan kesehatan masyarakat. Seperti di sampaikanPresiden Jokowi, bahwa vaksinasi adalah langkah krusial untuk menentukan kesuksesan pemerintah untuk keluar dari pandemi ini, sehingga percepatan vaksinasi perludi lakukan demi mencapai kekebalan komunal,”jelas Usman Kansong yang diwawancara terpisah.(red/ril)

Bagikan :

Posting Terkait