Kejurnas Olahraga Boling Sekaligus Jaga Spirit Atlet 

74 views

Divianews.com | Palembang – Kejuaraan nasional Boling Soetopo Jananto dan Junior 2021 di Palembang-Sumsel, di JSC Boling Center secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Senin (29/11) siang.

Selain untuk lebih memasyarakat olahraga boling di kalangan masyarakat dan menjaring bibit atlet boling, gelaran Kejurnas ini juga ditargetkannya dapat menjaga spirit atlet boling yang tidak berkesempatan berlaga di PON Papua beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya Herman Deru mengatakan saat ini spirit para atlet boling tidak boleh runtuh meski tidak berkesempatan ikut berlaga pada PON Papua.

“Dengan adanya berbagai kejuaraan nasional ini paling tidak bisa menjadi ajang menjaga spirit peboling yang tidak digelar di PON. Saya harap spirit bertanding dan berkompetisi dalam kejurnas ini tetap sama,” ujar Herman Deru.

Selain menjadi ajang mempertahankan spirit atlet, adanya Kejurnas ini juga tentunya akan bermanfaat untuk menjaga stamina para atlet selama berkurangnya kegiatan kejuaraan lantaran pandemi.

Pelan-pelan semoga ini berdampak pada peningkatan pariwisata termasuk kuliner. Semua pihak kita harapkan berperan dalam pemulihan ekonomi dengan cara masing-masing,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Herman Deru juga menantang Pengprov Sumsel untuk menggelar Kejurnas Leanpuri Cup 2022 sebagai upaya mengenang prestasi yang berhasil dicatatkan almarhum Percha Leanpuri saat menjadi Ketum PB PBI.

“Dimasa kepemimpinan almarhum Indonesia berhasil mengukir prestasi pada kejuaraan dunia. Makanya Saya tantang pengurus untuk menggelar Leanpuri Cup ini tahun 2022. Sehingga ini bisa menjadi identitas Sumsel,” jelasnya.

Lebih jauh Herman Deru mengatakan saat ini olahraga boling masih memiliki kelas khusus di mata maayarakat. Karena itu Ia mengajak semua atlet olahraga boling untuk bersama menepis anggapan tersebut.

“Olahraga boling ini harus jadi milik masyarakat. Itu yang selalu Saya ingatkan pada almarhumah (Percha Leanpuri) saat awal Ia menjabat Ketum PB PBI. Makanya Saya ingin ini olahraga ini dikenalkan pada semua lembaga dari pendidikan paling dasar,” jelas Herman Deru.

Meskipun saat ini Ketum PB PBI sudah tidak ada, Herman Deru berharap spirit memasyarakatkan olahraga ini tetap terjaga. Begitupun capaian prestasi yang berhasil diukir baik tingkat nasional mauoun internasional semasa kepemimpinan almarhumah Percha Leanpuri di PB PBI.

Siapapun yang berkesempatan menjadi Ketum PB PBI mendatang, Herman Deru pun menitipkan pesan agar venue boling di JSC yang berstandar internasional tetap dapat rutin digunakan untuk mendukung berbagai event bergengsi.

Di tempat yang sama Plt Ketua Umum PB PBI Arwin Novansyah, SH mengatakan PB PBI sempat terseok pasca ditinggalkan oleh almarhum Percha Leanpuri. Namun berkat support yang luar biasa dari Gubernur Sumsel H. Herman Deru perlahan PBI dapat bangkit kembali.

Iapun sangat mengapresiasi dukungan tersebut termasuk saat mensupport gelaran Kejurnas Boling Soetopo Jananto dan Junior yang akan berlangsung 29 November hingga  4 Desember 2021 mendatang.

Menurut Arwin, penyelenggaraan Kejurnas ini merupakan program PBI yang wajib dilaksanakan setiap tahun. Karena itu Ia sangat bangga Kejurnas ini mendapat support luar biasa dari orang nomor satu di Sumsel.

Iapun berharap Kejurnas inj akan menghasilkan output maksimal untuk mendapatkan tiket mengukuti world cup mendatang. Pada Kejurnas kali ini mereka juga spesial mengikutsertakan atlet-atlet junior sebagai upaya menyiapkan jam terbang lebih banyak generasi-generasi muda berbakat.

“Terima kasih sekali atas kehadirannya yang menjadi semangat tersendiri bagi para atlet dan penyelenggara. Tak lupa pada semua sponsor yang telah membantu mensukseskan acara ini. Semoga Boling tetap Jaya dan tetap di hati masyarakat ” ucap Arwin.

Terkait rencana penyelenggaraan Kejurnas Leanpuri Cup 2022, Arwin mewakili PB PBI pusat berkomitmen mendukung secara penuh bahkan akan menjadikan Kejurnas ini sebagai agenda nasional.

“Selain permintaan Bapak Gubernur, ini juga sebagai penghargaan kita untuk jasa almarhumah. Karena di zaman alm menjadi Ketum Indonesia bisa menjadi juara dunia. Begitupun di SEA Games kita bisa memecahkam dari target hanya 1 emas justru berhasil membawa pulang empat medali emas. Sepanjang sejarah ini baru terjadi di masa kepemimpinan Bu Ketum,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Umum PBI Provinsi Sumsel Kurmin Halim mengatakan, sangat tertantang mewujudkan keinginan Gubernur untuk menggelar Kejurnas Leanpuri Cup 2022 mendatang.

“Secepatnya kita akan sosialisasikan ini. Untuk langkah awal kita akan berkoordinasi dengan PBI pusat menyesuaikan jadwal. Jika tidak ada halangan mungkin Juni bisa kita lakukan,” terangnya.

Pada Kejurnas ini tercatat ada total 93 delegasi yang ikut berpartisipasi. Delegasi ini terdiri daei 61 atlet senior dan 32 atlet junior utusan 9 Pengprov. Di antaranya Sumut, Kaltim, DKI, Banten, Sumsel dan beberapa Provinsi lainnya. (chaca)

 

 

 

 

Bagikan :

Posting Terkait