Divianews.com | Palembang — Memperkuat kedaulatan Desa dan meningkatkan kesejahteraan desa di Indonesia, Mayjen Kunto Arief Wibowo menggelar kegiatan yang fokusnya pada pengembangan desa mandiri serta dampak sosialnya terhadap masayarakat. 

Acara ini dilaksanakan di Balai Desa Srigeni, sabtu (24/08) siang ini merupakan upaya untuk mendengar masukan para kepala desa dari berbagai daerah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk bertukar pengetahuan dan bertukar solusi inovatif kedepan.

Sebagai mana diketahui bersama, pengembangan Desa merupakan salah satu prioritas bersama dan utama dalam upaya menjaga kedaulatan nasional yang dimulai dari Desa.

Mayjen Kunto Arief Wibowo saat berdiskusi dengan warga dan para Kepala Desa menegaskan mengenai pentingnya peran Kepala Desa dalam mendorong praktek pelatihan bersama instansi lainnya secara berkelanjutan dan berorientasi kepada potensi lokal.

 “Kita harus memastikan bahwa setiap Desa juga mampu mengelola SDM sebagai penopang utama yang mapan, juga mengelola sumber daya lokal dengan bijak dalam kaderesasi dan regenerasi untuk keberlanjutan jangka panjang,” ujarnya.

Dalam diskusi juga membahas dampak sosial dari pengembangan sera perlu SDM, potensi lokal yang dapat menghasilkan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa dan penciptaan lapangan kerja baru dengan pelatihan yang yang dilakukan. 

Lebih lanjut dalam sebuah diskusi yang berlangsung penuh antusias dari peserta, Mayjen Kunto Arief Wibowo menyarankan agar setiap desa memiliki program pelatihan berkelanjutan dan penyuluh yang dapat memberikan informasi terbaru tentang praktik sumber daya manusia yang ada di Desa.

” Saya berharap agar setiap desa memiliki program pelatihan berkelanjutan dan penyuluh yang dapat memberikan informasi terbaru tentang praktik sumber daya manusia yang ada di Desa,” katanya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Srigeni, Aliaman, menyampaikan ucapan bangganya atas inisiasi berbagi pengalaman tentang bagaimana pengembangan potensi lokal melalui pelatihan keterampilan baru yang berdampak langsung tehadap upaya meningkatkan pendapatan Desa kedepannya..

Dalam sesi tukar pengetahuan, kepala desa dari berbagai daerah membagikan strategi dan praktik terbaik mereka. Salah satu solusi yang disoroti adalah penggunaan teknologi tepat guna modern dan metode organik yang dapat meningkatkan produktivitas sekaligus menjaga kesehatan tanah. 

“Kolaborasi antar desa ini kami rasa sangat penting. Kami perlu saling belajar dan berbagi solusi untuk tantangan yang kita hadapi,” kata Kepala Desa , 

Forum ini juga menekankan pentingnya dukungan pemerintah dalam bentuk pelatihan terhadap SDM yang ada, penyuluhan, dan akses ke teknologi terbaru. 

Untuk diketahui inisasi kegiatan pertemuan antar Kepala Desa ini dimunculkan oleh Deni Kades Desa Sasagaran Kec Kebon Pedas Jawa Barat.

“ Ini saya rasa penting dilaksanakan dalam rangka mendengarkan, menyerap, bertukar pengalaman antar Kepla Desa dari berbagai daerah di OKI dalam mengelola potensi lokal yang berkelanjutan,” Kata Deni

Kedepan diharapkan dari skala kecil yang dimulai pertemuan Kepala Desa di OKI inilah akan tercipta ide ide yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, serta akan ada pertemuan Kepala Desa lagi dengan skala yang cukup luas.

Kesimpulan dari forum ini adalah perlunya pendekatan holistik dalam pengembangan Desa, yang mencakup peningkatan kapasitas , penggunaan teknologi yang efisien, dan dukungan sosial yang kuat. 

Dengan langkah-langkah bersama antar kepala Desa diharapkan dapat meningkatkan kedaulatan Desa semakin terjamin, serta kesejahteraan masyarakat Desa akan semakin meningkat. (adi)