Divianews.com | Lubuk Linggau — Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI M. NaudiNurdika dan Ketua Persit KCK Daerah II/Sriwijaya, melakukan kunjungan kerja ke Kodim 0406 / Lubuk Linggau dalam rangka melaksanakan Panen Raya Singkong di Lahan Demplot Poktan (Kelompok Tani) Sriwijaya Hijau Lestari Binaan Kodim 0406/Lubuk Linggau, Kebun Rahma, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuk Linggau, Kamis (05/09/2024).

Saat melaksanakan Kunjungan Kerja, Pangdam II/Sriwijaya didampingi sejumlah pejabat utama Kodam II/Swj antara lain, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Asintel Kasdam II/Swj, Asops Kasdam II/Swj, Aspers Kasdam II/Swj, Aster Kasdam II/Swj dan beberapa Pengurus Persit KCK PD II/Sriwijaya.

Selain itu, hadir juga Pj Wali Kota Lubuk Linggau, H.Trisko Defriyansa, Dandim 0406/Lubuk Linggau, Letkol Inf. Arie Prasatyo Widyo Broto, Kapolres Lubuk Linggau, Kapolres Musi Rawas, dan sejumlah pejabat OPD Kota Lubuk Linggau.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj mengungkapkan kekagumannya terhadap hasil singkong garuda yang luar biasa. Satu pohon singkong bisa menghasilkan hingga 12 kg, ini sangat potensial.

Mayjen TNI Naudi Nurdika juga menjelaskan pentingnya pengembangan sektor pertanian melalui pelatihan kelompok tani untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Tak hanya soal singkong, Pangdam juga menyoroti masalah stunting, yang menjadi perhatian Presiden Jokowi.

Dikatakannya bahwa, Kodam II/Sriwijaya telah terlibat aktif dalam program penanganan stunting sejak 2021. “Kami terus mendukung pemerintah dalam upaya menekan angka stunting. Ini penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas,” jelas Pangdam.

“Kunci utama dalam penanganan stunting adalah memastikan asupan gizi yang cukup bagi ibu hamil, akses air bersih, serta lingkungan yang sehat,” imbuhnya.

Pangdam juga mengapresiasi capaian kota Lubuk Linggau yang berhasil mengendalikan inflasi hingga 1,31%, lebih rendah dibandingkan provinsi dan nasional. Menurutnya, ini bisa menjadi landasan kuat bagi keberhasilan program ketahanan pangan dan pengentasan stunting di masa depan.

Selain melaksanakan Panen Raya Singkong, Pangdam dan rombongan juga melakukan peninjauan Stand Hilirisasi, Peninjauan Produk UMKM, Panen Ikan Nila dan Lele.

Pada kesempatan itu, Pangdam juga menyerahkan bingkisan berupa sembako secara simbolis serta membagikan Ikan Nila dan Lele kepada masyarakat. (adi)