Dinas Pertanian Kabupaten Lahat Kekurangan Tenaga PPL

66 views

Divianbews.com | Lahat — Dalam meningkatkan kesejahteraan petani untuk  mengelolah usaha tani dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan. Maka  di pandang perlunya tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)

“Namun  sampai saat ini jumlah PPL di Bumi Seganti Setungguan  berjumlah 198 orang. atau hanya setengah dari total jumlah desa dalam Kabupaten Lahat,” ucap Kepala Dinas Pertanian Lahat, Ir Otong Heriadi saat disambangi media ini melalui Kabid Penyuluhan Pertanian, Sukirno SP didampingi Kasi Ketenagaan, Dwiyono. Pada hari ini Rabu (25/11/2020).

Sedangkan, tambah Dwiyono, target pemerintah satu desa satu penyuluh. Kabupaten Lahat sendiri memiliki 360 desa,  sehingga jumlah tersebut dipastikan kurang.

Dwiyono menguraikan, tenaga PPL tersebut terdiri dari 64 PNS, 74 Tenaga Harian Lepas dan Tenaga Bantu Penyulu Pertanian Lapangan, 59 swadaya dan 1 honorer. Jadi, dalam satu PPL membawahi  wilayah binaan 1 hingga 4 desa, untuk mencukupi agar tersebar di 24 kecamatan.

“Kalau terhambat, tidak juga karena sudah terbiasa dengan wilayah binaan. Tapi jika mengeluh ya, mengeluh karena penyuluh terlalu banyak wilayah binaan dengan anggarannyang terbatas,” cetusnya.

Sementara, Pimpinan Balai Penyuluh Pertanian Merapi Barat, Umi Kalsum mengungkapkan bahwa dalam melaksanakan program tidak terhambat meskipun dengan keterbatasan tenaga penyuluh, sehingga memegang wilayah binaan lebih dari satu.

“Tidak terhambat, karena sudah terbiasa. Harapannya, ya biaya Operasional penyuluh ditambah, karena sudah memegang lebih dari satu desa,” katanya.

Penulis : Lili

Editor : Adi

Bagikan :

Posting Terkait