Kapendam II/Swj: TMMD 110 Wujudkan Impian Ibu Sopiah Miliki Rumah Layak

77 views

Kapendam II/Sriwijaya Letkol Caj Drs. Jono Marjono

Divianews.com | Palembang — Tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke-110 Kodim 0418 Palembang 2021 yang di laksanakan di Kampung Jawi, kelurahan Sei. Selincah, akan mengerjakan  program prioritas fisik dan non fisik selama masa waktu pelaksanaan TMMD berjalan .

Hingga saat ini di lokasi kegiatan satgas TMMD bersama masyarakat sama-sama melaksanakan giat gotong royong, mulai merenovasi rumah salah satu warga, yakni milik  ibu Sopiah (70) kelurahan  Sei. Selincah, Jalan Taqwa Mata Merah RT.026 RW 07 Palembang .

Kapendam II/Sriwijaya Letkol Caj Drs. Jono Marjono, rabu (3/3/2021) menyampaikan TMMD yang dilaksanakan di bawah Kodim 0418 sesuai target akan melaksanakan pengerjaan baik fisik maupun non fisik, serta berbagai kegiatan sosial dan  penyuluhan terhadap masyarakat.

“ Ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan sesuai target yang telah direncanakan semula, seperti bakti sosial, gotong royong, dilaksanakan bersamaan dengan masyarakat, termasuk membedah rumah milik ibu Sopiah,” ungkapnya.

Dua hal yang menjadi target TMMD 110, yakni sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah tertinggal atau terisolir, sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah serta terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil, seperti pembuatan jalan, pembuatan jembatan, pembuatan MCK, rehab sekolah, pembuatan pos kamling, pemasangan gorong-gorong, rehab rumah tidak layak huni dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Sedangkan sasaran non fisik yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa, antara lain meliputi ; penyuluhan kesadaran bela Negara, kesadaran hukum, pelayanan kesehatan dan KB, pengobatan gratis, donor darah, sunatan massal, pembagian sembako dan berbagai kegiatan non fisik lainnya.

“ Kegiatan ini akan bersamaan dilaksanakan oleh TNI  bersama masyarakat, serta pihak terkait, hal itu tentu penting sebagai wujud kemanunggalan TNI dan Masyarakat,” tambah Kapendam.

Terpisah di pimpin oleh  Kapten Infanteri Winarto sebagai DAN SSK satgas TMMD-110, bersama anggota satgas dan masyarakat bersamaan antusias laksanakan kegiatan renovasi rumah milik ibu Sopiah.

Lebih lanjut Kapten.Inf Winarto menjelaskan di pilihnya rumah ibu Sopiah berkat masukan dari warga sekitar untuk merenovasi rumah dari ibu Sopiah yang memang kondisinya layak untuk di renovasi.

” Bersyukur kita bersama satgas TMMD dan masyarakat dapat merenovasi, rumah ibu Sopiah, insyaallah dalam jangka 1 bulan kedepan rumah dari ibu Sopiah sudah bisa di tempati”.  jelas Kapten. Inf. Winarto

” Ini akan kita bangunkan rumah berukuran 6×6 meter bersama warga sekitar,  di atas sebidang tanah yang di berikan oleh salah satu warga kampung Jawi yang juga merupakan tetangga dari ibu Sopiah.

Di ketahui pula, ibu Sopiah berstatus sebagai kepala rumah tangga tunggal, hidup bersama dengan 5 orang anak yang masih belum berkeluarga semua. Selain itu di ketahui pula  ibu Sopiah di usia lansia nya, dalam keseharian sebagai  buruh tani lepas, yang biasa dikerjakan oleh warga sekitar untuk membantu pekerjaan di ladang mereka. Harapannnya kegiatan ini menjadi motivasi untuk merenovasi rumah milik ibu Sopiah, untuk memiliki rumah yang layak huni.

” Harapan kami dan satgas TMMD-110, dengan merenovasi rumah dari ibu Sopiah ini menjadi berkah untuk ibu Sopiah bersama keluarga, dan menjadi amal jariyah bagi kita semua,” tutupnya (adi)

 

Bagikan :

Posting Terkait