Dari Rongsokan, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo Modifikasi Motor Multifungsi untuk TNI

473 views

Kondisi Awal Motor Multifungsi untuk TNI | Sumber Foto Bengrah III/Bdg

Divianews.com | Bandung Jabar — Sebagai Komando kewilayahan Pertahanan yang meliputi wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten Kodam III/Siliwangi selalu berinovasi dalam memenuhi kebutuhan alut sebagai sarana pendukung utama dalam operasional personil.

Bersama Corps Peralatan Kodam III/Siliwangi yang selama ini telah memilki tugas pembina materil di lingkungan TNI AD dengan tugas khusus di bidang teknik kekhasan, mencakup spesialisasi teknik, kendaraan khusus maupun kendaraan taktis tidak boleh diam dan puas dengan apa yang ada saat ini, namun terus berbuat serta berinovasi memenuhi kebutuhan alut  sebagai sarana yang sangat yang  sifatnya tidak dimiliki masyarakat umumnya.

Oleh karena itu satuan peralatan Kodam III/Siliwangi seiring waktu terus melalukan terobosan memanfaatkan peralatan yang seadanya menjadi yang bernilai tinggi dan tepat sasaran, guna mendukung satuan di wilayah kodam III/Siliwangi.

Kasdam III/ Siliwangi Brigjen TNI kunto Arief Wibowo, Kamis (08/04/2021) menyampaikan, dengan melibatkan personil  Bengrah 3 Paldam III/Siliwangi memodifikasi kendaraan Roda Tiga dari kendaraan rongsokan yang kemudian mampu membantu opresional  satuan pemakai di wilayah Kodam III/Siliwangi mendukung tugas pokok, serta bisa di gunakan untuk meninjau medan Latihan militer.

“ Berawal darai pemamnfaat barang bekas, maka muncul ide mengolahnya menjadi alut yang mampu menunjang  tugas pokok personil. Kesiapan satuan peralatan mengimbangi  perkembangan teknologi pada era globalisasi saat ini semakin berkembang  mengimbangi tuntutan tugas pokok saat ini.  Inovasi ini akan mempermudah transportasi satuan pemakai dalam melaksanakan kegiatanya,’ jelas Kasdam

Dijelaskannya lebih lanjut,   TNI harus terus berinoasi  dibidang teknologi, kemampuan dan peralatan teknik modern sangat dibutuhkan, inovasi kendaraanRoda Tiga  menjadi alternativ peruntukan  militer,  kendaraan roda tiga yang dirancang mampu melewati medan tidak terjangkau oleh kendaraan pada umumnya tersebu, mampu mendukung tugas operasi maupun kegiatan milter atau non militer dapat  memudahkan para prajurit dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Tampilan Motor Modifikasi Multifungsi untuk TNI Persiapan Perakitan | Sumber Foto Bengrah III/Bdg

Modifikasi Kendaraan Roda Tiga Permudah Tugas Pokok Satuan

Konsep kendaraan Roda Tiga ini dapat di gunakan sebagai kendaraan taktis,kendaraan logistik,dan kendaraan adminitrasi.  Ini merupakan langkah kongkrit untuk memodifikasi kendaraan yang sudah tidak terpakai menjadi kendaraan multiguna agar mampu melewati medan yang tidak bisa terjangkau oleh kendaraan pada umumnya.

Inovasi ini selanjutnya jika dikembangkan secara optimal, kendaraan roda tiga menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi tugas prajurit, dalam melaksanakan tugas meninjau medan diwilayah yang tidak terjangkau oleh kendaraan pada umumnya.

 

Foto Bersama Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo (tengah) dan Tampilan Motor Modifikasi Multifungsi untuk TNI (kanan) Tampilan Setelah Perakitan | Sumber Foto Bengrah III/Bdg.

Konsef Awal Kendaraan Roda Tiga

Ide ini adalah pemberdayaan  alat transportasi/ kendaraan yang sudah tidak layak pakai di lingkungan Kodam III/Siliwangi,  sebagai  pemenuhan kebutuhan transportasi  guna melaksanakan tugas yang di emban, adapun  kendaraan yg dibutuhkan tidak hanya kendaraan heavy duty tetapi yang di butuhkan kendaraan medium maupun kendaraan kecil yang mampu melampaui di medan apapun, baik di gunakan kegiatan militer maupun non militer.

“Melalui konsep yang direncanakan secara matang memanfaatkan  kendaraan yang tidak terpakai menjadi kendaraan Raitoir semi rantai,yang di harapkan sebagai kendaraan multifungsi dengan mengedepankan konsep dinamika medan, personil, dan ketahanan kendaraan dalam aspek apapun. Dengan adanya kendaraan raitor dapat mendukung sarana dan prasarana pemerintah dalam menjalankan tugasnya terhadap implementasi fungsi non-militer Satuan Kowil TNI AD,” tambahnya

Oleh karenanya, tambah Jenderal Bintang Satu ini,setelah memahami bahwa Kendaraan Roda Tiga mempunyai peranan penting dalam mendukung pencapaian tugas pokok satuan, maka inovasi memodifikasi kendaraan tidak terpakai menjadi layak adalah langkah strategis yang harus terus dilakukan.

Karakteristik kendaraan multifungsi

Dapat diyakini bahwa Kendaraan Roda Tiga ini dibentuk dari kendaraan yang sudah tidak dipakai oleh satuan,selanjutnya memodifikasi  kendaraan bisa dipergunakan dimedan yang tidak terjangkau oleh kendaraan pada umumnya dan dapat digunakan sebagai kendaraan taktis, logistik maupun administrasi sesuai kebutuhan yang di perlukan .

Adapun proses pengerjaan Kendaraan Roda Tiga ini, melibatkan personil  dari Bengrah III/Bdg, yakni Serma Ifan Hardiyanto, Serma Benny Setyo, Serda Nanda Kurniawan.

Penulis | Adi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan :

Posting Terkait