PJ Sekda Buka Kegiatan Penelitian Komoditas Produk dan jenis Usaha Unggulan

86 views

Pj Seketaris Daerah (Sekda) Lahat Drs, Deswan Irsyad, MPdi, Buka Kegiatan Penelitian Komoditas Produk dan jenis Usaha Unggulan

Divianews.com | Lahat  – Bertempat di ruang Ops Room Pemkab Lahat, diadakan acara tentang Fasilitas Pelaksanaan Penelitian dan FGD kegiatan Penelitian Komoditas Produk dan jenis Usaha Unggulan (KPJU). Rabu (22/09).

Kegiatan tersebut langsung dibuka oleh Pj Seketaris Daerah (Sekda) Lahat Drs, Deswan Irsyad, MPdi, serta dihadiri Kepala Bappeda, Kepala Balitbang, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Kadis Perkebunan, Kadis Perdagangan, Kabag Ekonomi, Kabag Hukum, dan Kapala BPS Lahat.

Laporan Peneliti Komoditi, Produk dan Jenis Usaha (KPJU) unggulan Provinsi Sumsel yang merupakan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya Palembang Drs, M, Yamin Hasan menyampaikan, dalam kegiatan KPJU ini memiliki tujuan untuk mengenal dan memahami profil daerah, profil UMKM di wilayah penelitian, kebijakan pemerintah terkait pengembangan UMKM.

“Kemudian memberikan informasi tentang KPJU Unggulan yang perlu mendapat prioritas untuk dikembangkan ditingkat Kabupaten dan Kecamatan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi daerah, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan daya saing produk. Memberikan informasi dan permasalahan yang timbul dari masing- masing KPJU Unggulan lintas sektoral di kabupaten. Memberikan informasi tentang KPJU yang berpotensial. Memberikan rekomendasi kebijakan kepada Pemda untuk pengembangan KPJU Unggulan, “jelasnya.

Sementara sambutan PJ Seketaris Daerah (Sekda) Lahat  Drs Deswan Irsyad mengatakan sebagai daerah yang memiliki produk dan jenis usaha unggulan, Kabupaten Lahat mempunyai produk merupakan hilirisasi komoditas dan berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar serta yang mengikuti kegiatan ini dapat bermanfaat.

“Diharapkan dengan adanya penelitian KPJU ini tentu dapat menjadi sumber

informasi yang bermanfaat dalam mendorong pengembangan UMKM di Kabupaten Lahat dan yang utama dapat mengembangkan perekonomian masyarakat, dengan mengucapkan kata Bismilah kegiatan ini resmi kami buka, “ucapnya. (lili)

Bagikan :

Posting Terkait