Kilang Pertamina Plaju Launching Website Plaju Berdaya

33 views

Launching Website Plaju Berdaya Untuk Media Pemasaran

Divianews.com | Palembang – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) III Plaju selalu mendampingi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya secara berkelanjutan. Berbagai kegiatan, event dan upaya lainnya telah dilakukan demi UMKM yang dibina semakin naik kelas dan berdaya.

(Jumat, 19/11), melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PT KPI RU III Plaju meluncurkan (launching) website plajuberdaya.com yang dapat digunakan sebagai media promosi produk-produk UMKM binaan secara online. 24 UMKM seKecamatan Plaju pun sudah terdaftar di website plajuberdaya.com dan dapat dibeli secara online sebagaimana marketplace pada umumnya.

Sekarang, dengan meng-klik link website plajuberdaya.com, pengguna internet dapat mencari produk unggulan UMKM di Kecamatan Plaju seperti produk makanan, sayuran, kerajinan, hasil pertanian dan lain-lain.

Dengan dukungan fasilitas website ini, PT KPI RU III Plaju turut menyelamatkan UMKM dari terpaan Badai pandemi COVID-19 yang banyak menumbangkan berbagai sektor. Sebagaimana hasil survei Bank Indonesia (BI) pada Maret 2021 silam, 87,5% UMKM Indonesia terdampak pandemi.

Peluncuran website itu berlangsung di Taman Edukasi Pertamina, Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju, berbarengan dengan pelatihan foto produk UMKM guna menjadikan produk yang ditampilkan di website plajuberdaya.com kian ciamik. Sebanyak 24 perwakilan UMKM hadir dalam sosialisasi dan pelatihan itu, dengan menerapkan protokol kesehatan. Peserta tampak antusias menyimak cara memanfaatkan website dan saat pelatihan foto produk berlangsung.

Turut hadir dalam agenda tersebut Camat Plaju Ahmad Furqon. Dalam sambutannya, Furqon mengucapkan terimakasih kepada PT KPI RU III Plaju yang telah banyak membantu pengembangan komunitas masyarakat d8 Kecamatan Plaju. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pertamina yang tidak henti-hentinya membina masyarakat di Kecamatan Plaju,” ujarnya.

Berbagai program CSR PT KPI RU III Plaju yang didesain untuk memberdayakan masyarakat, telah banyak berdampak bagi kemajuan Kecamatan Plaju. Termasuk pada hari ini, telah diluncurkan website yang akan jadi ‘etalase’ produk yang akan membuat UMKM binaan semakin berdaya saing.

Furqon merasa senang masyarakatnya yang mandiri dengan mengelola UMKM telah difasilitasi website untuk dukungan marketing (pemasaran) produk. “Mudah-mudahan UMKM bapak ibu sekalian dapat naik level dan mampu bersaing bukan hanya di Kecamatan Plaju tapi juga di Kota Palembang,” tutup Furqon.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU III Plaju Siti Rachmi Indahsari mengungkapkan rasa bangganya terhadap masyarakat binaan yang kian berkembang. “Website ini sebagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan bapak ibu sekalian bagi pengembangan UMKM yang dikelola,” ujar Rachmi.

Senada dengan Camat, Ia berharap UMKM binaan PT KPI RU III Plaju dapat semakin naik kelas meningkat dari sisi produksi, penjualan maupun kualitas. Apalagi di era digital seperti saat ini,

penjualan secara online memang menjadi medan baru dan mau tak mau UMKM harus mampu menyesuaikan diri. “Di era digital sekarang, kami mendorong UMKM untuk terhubung dengan dunia yang lebih luas melalui media website,” sambungnya.

Ia mengatakan, peluncuran website ini merupakan tahap awal. Di sesi pelatihan itu, perwakilan UMKM yang hadir diajarkan cara mendaftarkan produk UMKM sekaligus tips mengambil gambar agar produk yang dipasarkan kian menarik. “Sehingga UMKM di Kecamatan Plaju semakin juara dan unggul, tidak hanya di Plaju dan Palembang, tapi ke luar daerah juga,” tutup Rachmi.

PT KPI RU III Plaju, dengan mendukung pengembangan UMKM binaannya, dalam hal ini juga mendukung terwujudnya tujuan kedelapan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, lebih spesifik pada 8.2, yakni mencapai tingkat produktivitas ekonomi yang lebih tinggi, melalui  diversifikasi, peningkatan

dan inovasi teknologi, termasuk melalui fokus pada sektor yang memberi nilai tambah tinggi dan padat karya.

Program ini juga sebagai salah satu bentuk kontribusi PT KPI RU III Plaju sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam peningkatan dampak positif perusahaan yang termasuk dalam kriteria Environmental, Social and Governance. (adi)

Bagikan :

Posting Terkait