Percayakan Penuh Karyawan Dilindungi BPJamsostek

144 views

Yunani (40) sedang memperlihatkan kartu kepesertaan BPJamsostek

Divianews.com| Palembang – Tak hanya sebagai syarat mutlak pendirian perusahaan, Yunani (40), pemilik PT Media Suara Publik mendaftarkan karyawannya untuk menjadi bagian dari kepesertaan BPJamsostek. Ia mendaftarkan karyawannya untuk program Jaminan Hari Tua dan Kecelakaan Kerja.

Menurut ibu dari 3 orang anak itu, ia telah mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJamsostek agar lebih dini mempersiapkan jaminan bagi para karyawannya. “Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepan, namun saya ingin memastikan agar karyawan kita terjamin dengan telah didaftarkan sebagai peserta BPJamsostek,” jelas Yunani, Sabtu (4/12/2021).

Ia mengatakan, karyawan yang bekerja di dunia media memang sangat rentan terjadi kecelakaan kerja. Sebab ruang lingkup kerjanya berada di lapangan dan selalu mobile. Untuk itu, ia mengantisipasi hal yang tidak diduga dengan mendaftarkan karyawannya lebih dulu.

“Ibaratnya menyediakan payung sebelum hujan,” jelas Yunani. Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru meminta pihak BPJS dapat meningkatkan jumlah kepesertaan dengan cara merubah mindset masyarakat bahwa asuransi merupakan sebuah kebutuhan yang harus dimiliki.

“Ini dapat terwujud jika kita dapat hadir ditengah masyarakat agar masyarakat lebih mengenal BPJS Ketenagakerjaan, terlebih jika BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan reward bagi masyarakat ataupun perusahaan yang telah membayar premi tepat waktu yang tentunya akan meningkatkan antusias masyarakat atau perusahaan dalam melakukan pembayaran,” katanya.

Pemprov Sumsel dapat membantu BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan jumlah peserta. “Kita membantu BPJS dengan memberikan regulasi-regulasi yang mewajibkan seluruh perusahaan agar dapat mendaftarkan seluruh pekerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Deru.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel, Surya Rizal mengatakan, bahwa BPJS Ketenagakerjaan telah menerapkan sistem pelayanan online tanpa bertatap muka dalam memberikan pelayanan ditengah Pandemi Covid-19.

“Kami memiliki program Jaminan hari tua, Jaminan Kecelakaan kerja, Jaminan kematian dan Jaminan pensiun,” jelasnya.

Pelayanan di kantor cabang pun tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan turut melalui kanal online. Melalui pelayanan hybrid tersebut peserta akan terhubung dengan petugas BPJamsostek melalui sambungan video call.

Ia menjelasakan bahwa pelayanan tersebut bertujuan agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dengan optimal tetapi tetap sejalan dengan protokol kesehatan. Bukan hanya itu, menurutnya, pelayanan one to many pun meningkatkan jumlah pelayanan terhadap peserta. (Adi Asmara)

Bagikan :

Posting Terkait