Divianews.com | Palembang — DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang kembali menggelar Rapat Paripurna, Senin (11/7). Paripurna ke-11 Masa Persidangan (MP) II, yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Palembang, RM Yusuf Indra Kesuma dengan agenda mendengarkan jawaban Walikota Palembang terhadap pemandangan umum (Padum) Fraksi-fraksi. Hadir langsung Walikota Palembang, H Harnojoyo, Ketua DPRD Palembang, H Zainal Abidin SH, para wakil, Sekda Kota Palembang, pejabat di lingkungan Pemkot Palembang dan para undangan.

Dalam jawabannya, Walikota Palembang, H Harnojoyo mengawali dengan menanggapi Padum Fraksi Demokrat. Sejumlah hal yang ditanggapi Wako, seperti apresiasi Wako terhadap dukungan penutupan operasional holywings. Selain itu, Pemkot juga sependapat dengan Fraksi Demokrat yang mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Menanggapi Padum Fraksi Gerindra, Wako Harnojoyo siap memberikan perhatian terhadap program pembangunan yang menitikberatkan pada prioritas dan kebutuhan masyarakat.

Selain itu lanjut Wako, pihaknya juga sependapat dengan pemandangan umum Fraksi Gerindra soal perlunya inovasi dalam mencari potensi pajak untuk pemasukan PAD. Wako juga menanggapi positif soal perlunya langkah konkrit memperjuangkan nasib guru honorer di Kota Palembang. Selanjutnya menjawab pemandangan umum Fraksi PDI Perjuangan (PDI-P), Wako merespon laporan keuangan yang masih tersisa lebih pembiayaan anggaran tahun berjalan Rp 192.863.648.915, 57 (Rp 192. miliar lebih). Terkait hal ini, pihaknya kata Wako akan berupaya meminimalisir Silpa tahun berjalan.

 Wako juga merespon positif Padum PDI-P soal perlunya penambahan ruang belajar yangbaru karena masih terdapat SD dan SMP yang tidak dapat menampung calon siswa yang berada di sekitar sekolah tersebut. Menanggapi Padum Fraksi PAN, Wako sependapat bahwa perlunya keseriusan menggunakan teknologi informasi dalam upaya Palembang e-government dan percepatan pelayanan publik. Wako juga menyatakan siap melakukan perbaikan jalan-jalan rusak di Kota Palembang, sesuai Padum Fraksi PAN. Menjawab Padum Fraksi PKB, sejumlah poin yang dicatat Wako, diantaranya perlunya pengawasan intensif terhadap perizinan tempat hiburan malam agar sesuai dengan peruntukkan.

Merespon Padum Fraksi Golkar, diantaranya Wako Harnojoyo sependapat dan siap melakukan perbaikan dan pembangunan saluran air atau drainase untuk mencegah banjir seperti di kawasan Lebak Murni Sako dan Jalan Jepang. Kemudian menjawab Padum Fraksi PKS, soal ketegasan penutupan tempat hiburan malam holywings secara permanen, pihaknya kata Wako sependapat termasuk juga melakukan penertiban terhadap tempat hiburan malam yang menjual minuman beralkohol berkedok restoran.

Harno juga merespon positif atas perhatian PKS yang mengusulkan formasi kebutuhan jabatan yang dapat diisi PPPK. Terkhir menjawab Padum Fraksi Partai Nasional Demokrat Nasdem Persatuan Pembangunan, Wako menyambut positif solusi konkrit tentang permasalahan tenaga honorer di Kota Palembang yang jumlahnya cukup fantastis. Ketua DPRD Kota Palembang, Zainal Abidin mengatakan, dari jawaban Wako atas Padum fraksi, akan dibahas di tingkat komisi-komisi. (ADV)