Divianews.com | OKU Timur – Gubernur Sumsel H Herman menghadiri secara langsung Pembukaan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2022 bertempat di Lapangan Widya Daya Yudha Puslapur Kodiklat Kabupaten OKU Timur, Rabu (3/8). 

Kegiatan Latgbma yang diikuti oleh ribuan personil tentara dari 13 Negara dibuka oleh Panglima Tentara Negara Indonesia (TNI) Jendral  Andika Perkasa bersama Komandan Jenderal Angkatan Darat Pasifik Amerika Serikat, Jenderal Charles Flynn.

Gubernur Herman Deru mengaku bangga atas adanya kegiatan Latgabma ini, sebab ada Kabupaten terlibat langsung karena Puslatpur memiliki luas 43 ribu hektar terdiri dari 3 kabupaten. 

Dengan begitu Bapak Pembangunan Sumsel itu menilai kehadiran dari kegiatan ini yang diikuti para prajurit dari 13 Negara tersebut memberikan dampak yang baik bagi perekonomian. 

“Nah dengan kehadiran para prajurit dari 13 negara ini membuat semangat baru bagi bangkitnya ekonomi di sekitar sini termasuk pembangunannya yang diperhatikan oleh Panglima TNI,” katanya. 

Sebelumnya bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara pembukaan Latgabma, Panglima TNI Andika Perkasa mengucapkan selamat datang kepada para tentara dari 13 negara yang tergabung. 

Dia berharap dari kegaiatan ini akan menjalin dan mepererat hubungan antar negara sehingga nantinya berguna bagi masyarakat. 

“Dimana kita berlatih ini bisa merapatkan hubungan sehingga persahabatan berlanjut sampai kita latihan dan berguna untuk masyarakat,” ungkapnya.

Dia menambahkan latihan gabungan bersama Super Garuda Shield Tahun 2022 dilaksanakan pada 1-14 Agustus 2022 pada tiga lokasi berbeda, yakni Pusat Latihan Tempur di Baturaja, Pusat Latihan Tempur Marinir di Dabo Singkep, dan Pusat Latihan Tempur di Amborawang.

“Sebanyak 13 negara berpartisipasi dalam latihan bersama termasuk Indonesia. Negara yang terlibat yakni Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Papua Nugini, Korea Selatan, India, Timor Leste, Kanada, Prancis, dan Inggris,” pungkasnya.

Dikesempatan ini juga Panglima TNI Andika Perkasa bersama Gubernur Herman Deru, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto, Bupati Kabupaten OKU Timur, H Lanosin beserta para Pimpinan Tinggi TNI menyaksikan aksi airborne (terjun payung) di arel latihan Puslatpur Desa Sipin Kecamatan Martapura.