Divianews.com | Lahat — Bertempat di halaman Kantor Pemerintah Daerah Lahat, diadakannya Apel gelar pasukan kesiapan penanggulangan Karhutla tahun 2023 di Kabupaten Lahat Senin (30/1/2023).

Bertindak sebagai Pembina Apel gelar pasukan kesiapan penanggulangan Karhutla Bupati Lahat, Cik Ujang.SH, diikuti oleh Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM, Ketua DPRD Kab Lahat Fitrizal Homizi.ST.M.Si, Kapolres Lahat AKBP. S. Kunto Hartono, SIK, MT, Dandim 0405/ Lahat Letkol Inf. Toni Oki Priyono, SIP, Ketua Pengadilan Negeri Lahat Renaldo Meiji Hasoloan Tobing, SH, MH, perwakilan Kajari Lahat, Sekda Lahat Chandra.SH MM, TBUPP, Assisten, jajaran OPD, dan seluruh peserta Apel.

Dalam amanatnya Bupati Lahat, Cik Ujang  menyampaikan, bahwa saat ini badan meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa Indonesia akan mengalami El Nino pada tahun 2023, fenomena ini menyebabkan kemarau panjang atau mundurnya musim penghujan, indikasi ini mengacu pada 3 tahun berturut-turut terjadinya La Nina di Indonesia.

“Tentunya kondisi seperti ini menyebabkan cuaca di Indonesia menjadi lebih kering dan sangat berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka dari itu perlu disiapkan langkah langkah pencegahan dan pengendalian Karhutla dapat diatasi dengan baik.

 Kita sebagai Pemerintah Daerah bersama TNI Polri dan perusahaan perkebunan dan pertambangan yang ada juga yang juga mempunyai peran harus mampu memperdayakan kekuatan personel dan peralatannya sehingga dapat digerakkan pada situasi apapun dan mampu memberikan yang terbaik dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Lahat”, terangnya.

Kegiatan – tersebut Ditambahkan Cik Ujang, akan rutin dilaksanakan satuan kewilayahan khususnya oleh TNI Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa kemudian BPBD, Damkar dan masyarakat peduli api.

“Untuk itulah pada hari ini dilaksanakan Apek gelar kesiapansiagaan untuk mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan. Marilah kita bersinergi dan bekerjasama mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Lahat ini, karena kalau kita kompak dan bersama-sama insyaallah setiap permasalahan yang akan kita hadapi bisa terselesaikan, semoga Kabupaten Lahat aman dan tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. (Muhammad)