Divianews.com | Sekayu Muba – Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Musni Wijaya SSos MSi, melakukan Pelepasan Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin Dalam Rangka Raimuna Daerah (RAIDA) Sumatera Selatan Ke-VIII, Selasa (16/5/2023) di Auditorium Pemkab Muba.

Dalam sambutannya Musni mengatakan, Raimuna merupakan kegiatan pramuka penegak dan pramuka pandega yang dikemas dalam bentuk perkemahan besar yang dilaksanakan dari tingkat ranting hingga tingkat nasional untuk meningkatkan kemampuan anggota pramuka. Kegiatan Raimuna ini dilaksanakan setiap 5 tahun sekali.

“Karena ini kegiatan 5 tahun sekali, artinya kita harus mempersiapkan segalanya dengan sebaik mungkin. Jaga kesehatan kalian dan jaga nama baik Kabupaten Muba, kami berharap adik-adik mampu menorehkan banyak prestasi,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Muba Musni Wijaya SSos MSi juga mengungkapkan, kegiatan Raimuna Daerah bisa mendorong kreativitas dan inovasi pramuka penegak dan pandega yang dapat membentuk semangat, tanggung jawab dan kepemimpinan para anggota pramuka dan generasi muda pada saat ini.

“Beberapa jenis dari kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan adik-adik. Untuk itu, kakak berpesan jadilah anggota pramuka yang mampu bersinergi dengan organisasi kepemudaan lain yang mempunyai cita-cita untuk bersama menuju indonesia maju, tekhususnya maju di kwartir cabang gerakan pramuka Muba ini. Tunjukan sikapmu, tutur kata, kesopanan dan tingkah laku yang menggambarkan masyarakat Muba yang baik dan ramah, selain itu tunjukan kekompakan, semangat dan pantang menyerah,” tuturnya.

Sementara, Pembina Pendamping Putri Ina Indrayanti menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan Raimuna Daerah Sumatera Selatan Vill Tahun 2023  untuk melakukan pembinaan dan pengembangan kemampuan dalam dwi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Meningkatkan rasa persaudaraan di kalangan anggota Pramuka dan untuk memberikan tanggungjawab serta rasa memiliki dalam diri terhadap lingkungan masyarakat, terutama di wilayah yang masih tertinggi sehingga tercapainya persatuan, persaudaraan, jwa kepemimpman dan kemandirian bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

“Kegiatan tersebut akan dilaksanakan dari tanggal 16 Mei – 21 Mei 2023 di Bumi Perkemahan Silampari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lubuklinggau. Peserta kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Se-kabupaten Muba tahun ini berjumlah sebanyak 32 orang. Semoga adik-adik bisa mengikuti segala kegiatan dengan baik dan penuh kebahagiaan dan mendapatkan banyak manfaat,” tandasnya. (adi)