Divianews.com | Lebak, – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo beserta para Asisten dan Kabalakdam, menyapa warga masyarakat Baduy Luar di Desa Bojong Menteng Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Kamis (04/08/2022).

Kedatangan Pangdam III/Slw bersama rombongan disambut hangat oleh warga masyarakat Baduy Luar, juga tokoh masyarakat Baduy Dalam “Ayah Mursyid”.

Pangdam juga menyempatkan diri meninjau kegiatan baksos yang digelar Kodim 0603/Lebak berupa pengobatan gratis, program keluarga berencana, dan pemeriksaan gigi anak – anak Baduy.

Selain itu, Pangdam memberikan bantuan sosial berupa 200 paket sembako, diberikan secara simbolis kepada 20 warga masyarakat, selain itu juga Pangdam membagikan 75 paket makanan ringan yang diberikan secara simbolis kepada 20 anak-anak Baduy.

Pangdam mengatakan bahwa, pembinaan masyarakat Baduy, masih menjadi tanggung jawab Kodam III/Slw, dalam hal ini Korem 064/MY dan Kodim 0603/Lebak, mengingat. Siliwangi terbentuk dan berasal dari mereka, seperti laskar, pendekar, jawara, dan masyarakat yang ingin haknya terjaga. Oleh karenanya Pangdam III/Slw menyempatkan bersilaturahmi dengan mereka serta pendiri ormas-ormas perlawanan jaman Belanda dalam rangka menghimpun dan membentuk suatu kekuatan Divisi Siliwangi.

Dalam hal menjaga ekosistem, suku Baduy memegang teguh kearifan lokal, menghargai budaya dan alam lingkungannya, terlebih suku Baduy Dalam. Ekosistem masih terjaga dengan sangat baik dan keseimbangan alam cukup terjaga. Sehingga dapat terhindar dari bencana yang disebabkan oleh alam.

“Beliau-beliau ini agen lingkungan hidup, agen-agen ekosistem, mereka yang menjaga dan juga mengurangi terjadinya bencana, namun pihak TNI pun perlu turun membantunya,” ujar Pangdam (adi)