Divianews.com | Kab. Bandung – Kodam III/Siliwangi secara konsisten melakukan perbaikan ekosistem di bantaran Sungai Citarum. Salahsatu kegiatannya secara berkelanjutan menanam Pohon Tarum. Tanaman tersebut selain dapat menahan erosi juga dapat menyuburkan tanah.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Siliwangi Ny. Mia Kunto Arief Wibowo melaksanakan penanaman pohon Tarum di Sektor 7 Citarum Kp. Bojong Sayang Rt 04/05 Desa Rancamanyar Kec. Baleendah Kab. Bandung, Senin (22/5/2023).

Hal ini disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Adhe Hansen usai mendampingi Pangdam III/Slw dalam kegiatan di Sektor 7 Citarum, Senin (22/05/2023).

Pohon Tarum merupakan pohon langka yang memiliki sejarah lahirnya nama sungai Citarum. Pada abad ke-5 Masehi, di dekat muara Citarum berdiri kerajaan Tarumanegara yang di kenal hingga ke negeri Tiongkok. Nama Tarumanegara memiliki arti sebuah kerajaan yang pusat pemerintahannya di dekat Sungai Tarum atau lebih dikenal dengan nama Citarum.

Pohon Tarum yang dikenal masyarakat Sunda tempo dulu,  memiliki manfaat yang cukup banyak. Akar pohon Tarum cukup kuat menyangga arus air sungai dan dapat mengunci tanah. Sedangkan daunnya merupakan bahan pewarna alami produk tekstil dan kosmetik yang ekonomis.

Kegiatan di Sektor 7 Citarum tersebut merupakan representasi dari upaya Kodam dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional melalui program Citarum Harum.

“Kami melakukan penanaman pohon Tarum yang menjadi ciri khas sungai Citarum, untuk mencoba mengembalikan ekosistem Citarum melalui budidaya Pohon Tarum di sepanjang bantaran Citarum”, ujar Pangdam.

Kegiatan sudah direncanakan sejak lama, namun baru bisa terlaksana saat ini karena untuk memulai tanam memerlukan pembibitan sekitar 3 bulan. Bertepatan HUT ke 77 Kodam III/Siliwangi baru bisa dilaksanakan penanaman pohon Tarum. 

“Semua program Citarum sudah di selenggarakan sejak tahun 2014, agar sungai ini dapat menjadi potensi nasional, mulai dari ekonomi, lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat. Hal inilah yang harus kita wujudkan”, jelas Pangdam.

Ke depan semoga masyarakat dan pemerintahan daerah, yang akan melanjutkan program Citarum Harum memiliki pandangan, misi dan program yang sama. Sehingga dalam proses pendampingan program Citarum dapat mengajak kepada masyarakat maupun pemerintah daerah untuk bisa menjadi contoh serta fokus agar program berjalan dengan baik.

Di lokasi yang sama Dansektor 7 Citarum Harum Kolonel Caj (K) Nurjanah Suat menyampaikan terima kasih kepada Bapak Pangdam III/Siliwangi, Ibu Ketua Persit KCK Daerah III/Slw bererta rombongan yang sudah hadir ke wilayah kerja Sektor 7 guna melaksanakan penanaman Pohon Tarum di bantaran Sungai Citarum.

“Sampai saat ini sebanyak 1430 batang pohon sudah ditanam di seluruh sektor Citarum. Semoga dengan penanaman oleh Pangdam III/Slw dan Ketua Persit KCK Daerah III/Slw, ke depan pohon Tarum dapat kami sebar kembali ke seluruh sektor untuk bisa di tanam di sepanjang bantaran sungai Citarum”, harap Dansektor. (adi).