Divianews.com | Palembang – Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Integrated Terminal (IT) Palembang memberikan kesempatan kepada dua puluh warga binaan perempuan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A Kota Palembang untuk mengikuti kegiatan pelatihan digital marketing.

IT Palembang telah menjalin kerjasama dengan LPP Kelas II A Kota Palembang dalam pelaksanaan pemberdayaan perempuan khususnya warga binaan sejak Tahun 2020 yang berawal dari kurangnya rasa percaya diri dan keterampilan warga binaan perempuan. Sehingga melalui kegiatan pemberdayaan, warga binaan perempuan memiliki bekal keterampilan saat “bebas” dari LPP Kelas II A Kota Palembang. Dengan semangat belajar yang dimiliki, warga binaan perempuan telah memiliki berbagai keterampilan yang dapat dikembangkan.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan menyampaikan Pertamina terus berkomitmen melakukan program tanggung jawab sosial dan lingkungan salah satunya dalam kegiatan pemberdayaan narapidana perempuan.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Soedoeng Sriwijaya yang meliputi kegiatan pelatihan, pengadaan fasilitas sarana prasarana kerajinan jumputan, dan branding produk. Sepanjang tahun 2023, kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pelatihan digital marketing, pengadaan sarana dan prasarana jumputan dan menjahit. Selain itu, LPP Kelas II A Kota Palembang juga telah memiliki produk-produk seperti roti, kain jumputan dan kerajinan jumputan yang telah dipasarkan di Kota Palembang,” Kata Nikho.

Sebagai wujud komitmen untuk UMKM pada Tahun 2023 Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah menyalurkan nilai program TJSL sebesar Rp220.000.000 untuk pengembangan Program Soedoeng Sriwijaya.

Kepala Seksi (Kasi) Kegiatan Kerja LPP Kelas II A Kota Palembang, Assetia menyampaikan terimakasih kepada Pihak Pertamina yang telah bekerjasama dalam pelaksanaan program pemberdayaan warga binaan perempuan.

“Kegiatan ini sebagai salah satu langkah nyata untuk warga binaan perempuan agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan juga sebagai bekal warga binaan ketika kembali ke masyarakat nantinya,” Kata Assetia.

Mengacu pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memiliki tanggung jawab besar untuk mendukung terlaksananya program ini yang mengacu pada capaian SDGs Nomor 1 Tanpa Kemiskinan (No Poverty), Nomor 5 Kesetaraan Gender (Gender Equality), dan Nomor 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work and Economic Growth). (nia)