Divianews.com | Lahat — Senin  04 desember 2023, di gedung pertemuan Pemda Lahat, Kapolres Lahat AKBP S. Kunto Hartono  menghadiri Deklarasi Damai Pemilu 2024, dalam rangka Ops Mantap Brata Musi 2023,2024, pengamanan pemilihan umum tahun 2024.

Hadir dalam giat tersebut Dandim 0405 Lahat, ketua pengadilan negeri Lahat, Sekda lahat, ketua KPU D lahat, ketua Panwaslu lahat, ketua FKUD lahat, kakan menag,  MUI, NU, Muhammaddiyah, pimpinan partai politik, waka polres, kabag ops, para kapolsek dan tamu undangan lainya.

Dalam sambutanya Kapolres Lahat menyampaikan bahwa pemilihan umun secara Esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa, dengan mengambil nilai-nilai menyelesaikan pertikaian secara damai dan sukarela, menjamin terjadinya perubahan secara damai.

Kapolres lahat mengajak kepada seluruh elemen masyarakat bahwa tidak semata2 pemilu dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai iktiar untuk menciptakan admosper yg kondusif seluruh rabgkaian pemilu, dan turut memastikan bahwa seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan kampanye politik.

Diklarasi damai ditandai dengan pembacaan diklarasi yg di pimpin oleh ketua KPUD lahat dan diikuti oleh seluruh peserta yg isinya :

– Mewujudkan pemilu tahun 2024 yg berkualitas bedasarkan azas langsung, umum, bebas, rahasia dan jujur.

– Menolak segala bentuk kekerasan, intimidasi dan provokasi yg berimplikasi terjadinya perpecagan di tengah masyarakat.

– Menghormati dan menerima hasil pemiku tahun 2024.

Diklarasi di lanjutkan dengan penandatangan deklarasi bersama oleh ketua partai yg di saksikan oleh, Bupati lahat,kapolres, Komandan Kodim 0405, ketua pengadilan negeri lahat, kajari lahat, ketua KPUD, ketua Panwaslu. (adi)