Divianews.com | Palembang — Ketika berkendara, bahaya dapat muncul kapan pun, di mana pun, dan kepada siapa pun. Salah satu kejadian berbahaya yang dapat berakibat fatal adalah pengereman mendadak. Namun, sebenarnya para pengendara dapat memprediksi dan mengantisipasi bahaya tersebut.

Astra Motor Sumsel membagikan tips bagi para pengendara sepeda motor untuk dapat membantu mencegah kecelakaan akibat rem mendadak:

1.Maksimalkan pandangan mata

Pandangan harus digunakan secara maksimal untuk mengamati kondisi lingkungan sehingga kita dapat menemukan potensi bahaya sedini mungkin.

2.Fokus ketika berkendara

Fokus dan berkonsentrasi penuh, sehingga dapat merespon serta mengantisipasi bahaya dengan benar dan aman.

3.Jaga jarak dengan kendaraan lain

Jaga jarak menjadi hal yang perlu dilakukan karena pengendara membutuhkan waktu dalam merespon bahaya. Dengan jarak kendaraan yang aman, kita akan memiliki waktu yang cukup untuk bereaksi ketika mengantisipasi bahaya dari kendaraan yang tiba-tiba bermanuver atau mengerem mendadak.

4.#Cari_Aman

Sebaiknya pengendara selalu menerapkan #Cari_Aman, di mana pengendara menjadikan keselamatan sebagai tujuan utama ketika berkendara, baik itu dijalan ramai, sepi ,dan lainnya. Dalam  menerapkan #Cari_Aman, kita wajib mematuhi rambu-rambu, undang-undang, serta peraturan lalu lintas yang berlaku.

Tomy Haryanto selaku Community & Safety Riding Advisor mengatakan bahwa dengan mengikuti pelatihan, dapat membantu para pengendara untuk mengantisipasi bahaya dengan baik.

“Sangat penting bagi para pengendara motor untuk memahami aturan dan keamanan saat berkendara. Kita dapat mengikuti pelatihan prediksi bahaya di AHM SRP, Safety Riding Center Honda, atau mengikuti pelatihan safety riding di main dealer Honda. Kami ingatkan juga kepada para pengendara motor, ke mana pun kamu pergi selalu #Cari_Aman, pakai jaket, helm, dan perlengkapan berkendara lainnya.” ujarnya. (adi)